Analisis Aktor Dominan terhadap Film Vina sebelum 7 Hari di Media Sosial X menggunakan Social Network Analysis

Author


Moch. Aldi Rahmatulloh(1Mail), Novi Prastiti(2), Yeni Kustiyahningsih(3),
(1) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
(2) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
(3) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 624KB]  Language: id
Available online: 2025-06-03  |  Published : 2025-06-03
Copyright (c) 2025 Moch. Aldi Rahmatulloh
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 192 times PDF Downloaded: 85 times

Abstract


Media sosial telah menjadi platform utama dalam penyebaran informasi, termasuk untuk promosi film. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jaringan sosial di media sosial X terkait dengan film Vina Sebelum 7 Hari menggunakan pendekatan Social Network Analysis (SNA). Penelitian ini difokuskan untuk mengidentifikasi aktor dominan, pola interaksi, serta kelompok pengguna yang memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk opini publik terhadap film tersebut. Data penelitian dikumpulkan melalui proses crawling pada periode 8 Mei hingga 27 Januari 2025, menghasilkan 551 data tweets. Data tersebut dianalisis menggunakan metode SNA dengan menghitung Degree Centrality, Betweenness Centrality, Closeness Centrality, dan Eigenvector Centrality. Proses analisis dilengkapi dengan visualisasi jaringan menggunakan perangkat lunak Python. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @awisuryadi ini mempunyai nilai Degree Centrality sebesar 0.470588 ini berarti memiliki banyak koneksi didalam jaringan, nilai Betweenness Centrality sebesar 0.2139 ini menunjukkan bahwa akun ini berperan penting dalam menghubungkan berbagai bagian jaringan, nilai Closeness Centrality sebesar 0.4706 menandakan bahwa akun ini mempunyai akses yang cepat serta efisien dalam informasi jaringan sosial, dan nilai Eigenvector Centrality sebesar 0.7071 ini menunjukkan bahwa akun tersebut merupakan akun yang paling berperangaruh dan memiliki peran penting dalam distribusi informasi didalam jaringan informasi pada studi kasus Film Vina Sebelum 7 Hari.

Keywords


Social Network Analysis; Media Sosial X; Film; Trend Topik

References


Akbar, M. A., Masniarara Aziza Balfas Amril, Raiza Syahira, Fahrein Rachel Latisha, & Noor Jihan. (2022). Analisis Struktur Jaringan Komunikasi #Seagames2022 Di Twitter Menggunakan Pendekatan Social Network Analysis (SNA). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 26(1), 1–16. https://doi.org/10.17933/jskm.2022.4780

Cindy Mutia Annur. (2023, November 1). Jumlah Pengguna Twitter Indonesia Duduki Peringkat ke-4 Dunia per Juli 2023. https://databoks.katadata.co.id/media/statistik/5cb357372e82c2d/jumlah-pengguna-twitter-indonesia-duduki-peringkat-ke-4-dunia-per-juli-2023. https://databoks.katadata.co.id/media/statistik/5cb357372e82c2d/jumlah-pengguna-twitter-indonesia-duduki-peringkat-ke-4-dunia-per-juli-2023

Dwi, Y., & Ariyanti, P. (2022). Analisis Centrality Aktor pada Penyebaran Informasi Kuliner di Media Sosial dengan menggunakan Social Network Analysis. Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering, 2 (1), 23–31. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsitee

Ediger, D., Jiang, K., Riedy, J., Bader, D. A., Corley, C., Farber, R., & Reynolds, W. N. (2010). Massive social network analysis: Mining twitter for social good. Proceedings of the International Conference on Parallel Processing, 583–593. https://doi.org/10.1109/ICPP.2010.66

Fahrudin, T. M., Zahy’ Atha Illah, I., Primus, D., & Atnanda, A. (2022). Analisis Percakapan di Media Sosial Twitter Terkait Pemindahan Ibu Kota Menggunakan Social Network Analysis Berbasis Model Jejaring Tersentralisasi. Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, Dan Teknik Informatika, 401–408. https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2799

Krishna Das, & Smriti Kumar Sinha. (2017). Essential Pre-Processing Tasks Involved in Data Preparation for Social Network User Behaviour Analysis. Proceedings of the International Conference on Intelligent Sustainable Systems, 17, 28. https://doi.org/10.1109/ISS1.2017.8389423

Mailoa, E. (2017). Analisis Node dengan Centrality dan Follower Rank pada Twitter. JURNAL RESTI, 4(5), 937–942. https://doi.org/10.29207/resti.v4i5.2398

Mz, Y., Bororing, J. E., Rahayu, S., & Andhika, J. (2023). Analisis Sentimen Terhadap Layanan Tokopedia Berdasarkan Twitter dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine. Smart Comp, 12. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i1.4591

Nurhazizah, E., Nur Ichsan, R., & Widiyanesti, S. (2022). Analisis Sentimen Dan Jaringan Sosial Pada Penyebaran Informasi Vaksinasi Di Twitter. JURNAL SWABUMI, 10(1), 2022. https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i1.12474

Prastiti, N., Satoto, B. D., & Efendi, M. R. (2024). Identifying Dominant Actors of Ferdy Sambo’s Case Network on Social Media X/Twitter Using Social Network Analysis for Public Relations Strategy. Journal of Information Technology and Cyber Security, 2(1), 25–39. https://doi.org/10.30996/jitcs.10852

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). In Jurnal Common | (Vol. 3). https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Srinanda, D., Sisilia, K., & Perangingangin, Y. (2020). Analisis Promosi Penjualan Gopay Dengan Metode Social Network Analysis Di Media Sosial Twitter. Journal of Applied Business Administration, 163–170. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.2120

Tjahyana, L. J. (2020). Gerakan Opini Digital #Truebeauty Pada Twitter Untuk Pemeran Film Adaptasi Komik Webtoon. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1759

Zhang, J., & Luo, Y. (2017). Degree Centrality, Betweenness Centrality, and Closeness Centrality in Social Network. Advances in Intelligent Systems Research, 132. https://doi.org/10.2991/msam-17.2017.68


Refbacks

  • There are currently no refbacks.