Abstract


Media sosial telah menjadi platform utama dalam penyebaran informasi, termasuk untuk promosi film. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jaringan sosial di media sosial X terkait dengan film Vina Sebelum 7 Hari menggunakan pendekatan Social Network Analysis (SNA). Penelitian ini difokuskan untuk mengidentifikasi aktor dominan, pola interaksi, serta kelompok pengguna yang memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk opini publik terhadap film tersebut. Data penelitian dikumpulkan melalui proses crawling pada periode 8 Mei hingga 27 Januari 2025, menghasilkan 551 data tweets. Data tersebut dianalisis menggunakan metode SNA dengan menghitung Degree Centrality, Betweenness Centrality, Closeness Centrality, dan Eigenvector Centrality. Proses analisis dilengkapi dengan visualisasi jaringan menggunakan perangkat lunak Python. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @awisuryadi ini mempunyai nilai Degree Centrality sebesar 0.470588 ini berarti memiliki banyak koneksi didalam jaringan, nilai Betweenness Centrality sebesar 0.2139 ini menunjukkan bahwa akun ini berperan penting dalam menghubungkan berbagai bagian jaringan, nilai Closeness Centrality sebesar 0.4706 menandakan bahwa akun ini mempunyai akses yang cepat serta efisien dalam informasi jaringan sosial, dan nilai Eigenvector Centrality sebesar 0.7071 ini menunjukkan bahwa akun tersebut merupakan akun yang paling berperangaruh dan memiliki peran penting dalam distribusi informasi didalam jaringan informasi pada studi kasus Film Vina Sebelum 7 Hari.

Keywords


Social Network Analysis; Media Sosial X; Film; Trend Topik