Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Motivasi Kerja, dan Pengalaman Usaha Terhadap Penerapan SAK EMKM di Kecamatan Taman Sidoarjo

Mochammad Arief Firmansyah, Tituk Diah Widayantie

Abstract


Salah satu upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu contohnya adalah UMKM sebagai wahana pemberdayaan masyarakat. UMKM berperan penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara dan memegang peranan penting di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi UMKM di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, dalam mengadopsi SAK EMKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan hasil penelitian. Sebanyak 99 responden mengisi kuesioner untuk memperoleh data primer. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pengetahuan akuntansi, etos kerja, dan pengalaman bisnis secara signifikan meningkatkan adopsi SAK EMKM.


Keywords


UMKM; SAK EMKM; Pemahaman Akuntansi; Motivasi; Pengalaman Usaha

Full Text:

PDF

References


Abidin, M. S. (2022). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) Pada UMKM Di Bidang Kuliner Kota Makassar. Jambi Accounting Review (JAR), 285-296.

Cahyaningrum, I. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM Pada UMKM Toko Sembako Di Kecamatan Kantor Kabuoaten Bojonegoro. Universitas Pembangunan Nasional Veteran JawaTimur.

Hadari, N. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Hastuti. (2020). Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis, 05.

Kadek Neti Mutiari, I. G. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Sosialisasi, dan Penerapan Akuntansi Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 6-8.

Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan SPSS untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Varabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DInamik, 90-97.

Mahmudi. (2010). Manajemen Keuangan Daerah Jakarta. Erlangga, 124.

Munzir. (2021). Tingkat Pengalaman Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dan Sosialisasi SAK EMKM Terhadap Pemahaman SAK EMKM (Studi UMKM Pada Kabupaten Sorong). Konferensi Ilmiah Akuntansi , 77-78.

Nabilah, D. (2023). Analisi Penerapan Akuntansi Berdasarkan SAK EMKM (Standar Akuntansi Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah) Pada UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Galeri Buket Sidoarjo). Jurnal Revenue, 5-8.

Narulita Tjiptani, E. B. (2023). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai SAK EMKM Guna Menunjang Peningkatan Kualitas Informasi Akuntansi (Studi Kasus UMKM UD Maju Jaya). Jurnal Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya, 5-9.

Parhusid & Herawati, T. D. (2020). Pengaruh Sosialisasi SAK EMKM, Tingkat Pendidikan Pemilik, Presepsi Pelaku UMKM, dan Pemahaman AKuntansi Terhadap Implementasi SAK EMKM Pada UMKM di Kota Malang . Junal ilmiah Mahasiswa FEB Univ Brawijaya, 1-21.

R. Ait Novatiani, D. S. (2023). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Terhadap Implementasi SAK EMKM (Survei pada UMKM Kuliner di Kota Bandung). Jurnal dan Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 113-119.

Rainanto, B. (2019). Analisis Permasalhan Yang Dihadapi Oleh Pelaku Usaha Mikro Agar Berkembang Menjadi Usaha Kecil (Scaling Up) Pada UMKM Di 14 Kecamatan Di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 201-210.

Sudati Nur Sarfiah, H. E. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 143.

Sugiyono. (2019). Metode Penlitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Vol.7. Bandung: Alfabeta.

Sulistyawati, S. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Latar Belakang, Pemberian Informasi Dan Sosialisasi Terhadap Pemahaman UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Kabupaten Tegal). 154. 154.




DOI: https://doi.org/10.52620/jseba.v1i2.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mochammad Arief Firmansyah, Tituk Diah Widayantie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: