Analisis Sentimen Konsumen terhadap Brand Lokal pada Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A. (2012). Building strong brands. Simon and schuster.
Abudalfa, S., & Ahmed, M. (2017). Survey on target dependent sentiment analysis of micro-blogs in social media. 2017 9th IEEE-GCC Conference and Exhibition (GCCCE), 1. https://doi.org/10.1109/IEEEGCC.2017.8448158
Affandi, M. R., Dasuha, B. L. P., & Parapat, D. S. (2025). Dinamika Digitalisasi Dan Manajemen Keuangan UMKM: Literature Review Implementasi Fintech dan Digital Marketing Pada UMKM. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran (JUMPER), 3(2).
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Hermawan, J. P. P. O., & Fauzi, R. U. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Nilai Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Listrik di Kota Madiun. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5.
Liu, B. (2022). Sentiment analysis and opinion mining. Springer Nature.
Malik, A., & Nugroho, A. D. (2016). Menuju Paradigma Penelitian Sosiologi Yang Integratif. Jurnal Sosiologi Reflektif, 10(2), 65–84. https://doi.org/10.14421/jsr.v10i2.515
Masriansyah, L. (2020). Go digitial and customer relationship marketing sebagai strategi pemulihan bisnis umkm yang efektif dan efisien di masa adaptasi new normal. Equator Journal of Management and …. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/PROSIDING_compressed.pdf#page=127
Prasetyo, Sutrisna, & Sin. (2024). Pentingnya Pengembangan E-Commerce sebagai Strategi Digital Marketing. 4, 213–220.
Purba, D. S., Permatasari, P. D., Tanjung, N., Rahayu, P., Fitriani, R., & Wulandari, S. (2025). Analisis Perkembangan Ekonomi Digital dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(1).
Ramadhani, B., & Suryono, R. R. (2024). Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Logistic Regression Untuk Analisis Sentimen Metaverse. Jurnal Media Informatika Budidarma, 8(2), 714. https://doi.org/10.30865/mib.v8i2.7458
Sandy, D. C. (2020). Strategi Kreatif Dalam Promosi “Sekutu Kopi” Melalui Media Sosial Instagram. Insitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. https://doi.org/10.33153/citrawira.v1i1.3292
Sejati, W., Bist, A. S., & Tambunan, A. (2023). Pengembangan Analisis Sentimen Dalam Rekayasa Software Engineering Menggunakan Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal MENTARI : Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 95–103. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.377
Solikah, A. U., Izzah, A., & Valeria, A. H. (2024). Corak budaya Indonesia dalam bingkai kearifan lokal. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sunghanok, T. (2024). Examining Role of Service Performance and Price Strategy on Business Performance. Journal of Current Research in Business and Economics, 3(1), 2259–2292.
Sunghayok, T. (2024). Role of Teaching Quality and Service Quality on Students Satisfaction. Journal of Current Research in Business and Economics, 3(1), 1004–1040.
Supriyanto, J., Alita, D., & Isnain, A. R. (2023). Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) Untuk Analisis Sentimen Publik Terhadap Pembelajaran Daring. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 74–80. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i1.2468
Vinodhini, G., & Chandrasekaran, R. M. (2012). Sentiment analysis and opinion mining: a survey. International Journal, 2(6), 282–292.
Yuliana, L. (2022). Analisis advokasi merek terhadap minat pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 6(2), 161–170. https://doi.org/10.24123/jbt.v6i2.5230
DOI: https://doi.org/10.52620/jseba.v2i2.207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nehayatul Najwa, Dini Syafa’ati, Elsa Syakira, Ade Gunawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
About the Journal | Journal Policies | Author | Information |
Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.