Analisis Sentimen Konsumen terhadap Brand Lokal pada Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia

Nehayatul Najwa, Dini Syafa’ati, Elsa Syakira, Ade Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen konsumen terhadap merek -merek lokal Indonesia dalam konteks pertumbuhan ekonomi digital. Penggunaan pendekatan kualitatif berdasarkan analisis data digital dari media sosial (Twitter dan Tiktok) dan media non-sosial (pesan online, blog, artikel) mengumpulkan penelitian ini. Sementara suasana hati konsumen didominasi oleh emosi positif (dirujuk oleh 561), peningkatan suasana hati negatif (dirujuk oleh 60) menunjukkan risiko risiko yang harus segera diantisipasi dari merek lokal. Platform Twitter dan Tiktok adalah saluran utama yang menyebarkan cerita digital dengan partisipasi penting dari pembuat konten. Namun, strategi komunikasi merek lokal tetap tidak berbasis data suasana hati dan tidak konsisten untuk membangun narasi yang mendalam. Pernyataan tersebut menyoroti pentingnya mengintegrasikan analisis suasana hati ke dalam pemasaran, pengembangan produk, dan strategi layanan. Secara teori, penelitian ini memperkaya literatur tentang branding lokal di era digital. Dalam praktiknya, hasil industri, pemerintah dan pemain KSME dapat digunakan sebagai dasar untuk menciptakan pedoman adaptasi dan strategi untuk dinamika pasar digital yang semakin kompetitif dan berbasis konsumen.

Keywords


Brand Lokal; Ekonomi Digital; Sentimen Konsumen

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2012). Building strong brands. Simon and schuster.

Abudalfa, S., & Ahmed, M. (2017). Survey on target dependent sentiment analysis of micro-blogs in social media. 2017 9th IEEE-GCC Conference and Exhibition (GCCCE), 1. https://doi.org/10.1109/IEEEGCC.2017.8448158

Affandi, M. R., Dasuha, B. L. P., & Parapat, D. S. (2025). Dinamika Digitalisasi Dan Manajemen Keuangan UMKM: Literature Review Implementasi Fintech dan Digital Marketing Pada UMKM. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran (JUMPER), 3(2).

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Hermawan, J. P. P. O., & Fauzi, R. U. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Nilai Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Listrik di Kota Madiun. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5.

Liu, B. (2022). Sentiment analysis and opinion mining. Springer Nature.

Malik, A., & Nugroho, A. D. (2016). Menuju Paradigma Penelitian Sosiologi Yang Integratif. Jurnal Sosiologi Reflektif, 10(2), 65–84. https://doi.org/10.14421/jsr.v10i2.515

Masriansyah, L. (2020). Go digitial and customer relationship marketing sebagai strategi pemulihan bisnis umkm yang efektif dan efisien di masa adaptasi new normal. Equator Journal of Management and …. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/PROSIDING_compressed.pdf#page=127

Prasetyo, Sutrisna, & Sin. (2024). Pentingnya Pengembangan E-Commerce sebagai Strategi Digital Marketing. 4, 213–220.

Purba, D. S., Permatasari, P. D., Tanjung, N., Rahayu, P., Fitriani, R., & Wulandari, S. (2025). Analisis Perkembangan Ekonomi Digital dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(1).

Ramadhani, B., & Suryono, R. R. (2024). Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Logistic Regression Untuk Analisis Sentimen Metaverse. Jurnal Media Informatika Budidarma, 8(2), 714. https://doi.org/10.30865/mib.v8i2.7458

Sandy, D. C. (2020). Strategi Kreatif Dalam Promosi “Sekutu Kopi” Melalui Media Sosial Instagram. Insitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. https://doi.org/10.33153/citrawira.v1i1.3292

Sejati, W., Bist, A. S., & Tambunan, A. (2023). Pengembangan Analisis Sentimen Dalam Rekayasa Software Engineering Menggunakan Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal MENTARI : Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 95–103. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.377

Solikah, A. U., Izzah, A., & Valeria, A. H. (2024). Corak budaya Indonesia dalam bingkai kearifan lokal. Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sunghanok, T. (2024). Examining Role of Service Performance and Price Strategy on Business Performance. Journal of Current Research in Business and Economics, 3(1), 2259–2292.

Sunghayok, T. (2024). Role of Teaching Quality and Service Quality on Students Satisfaction. Journal of Current Research in Business and Economics, 3(1), 1004–1040.

Supriyanto, J., Alita, D., & Isnain, A. R. (2023). Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) Untuk Analisis Sentimen Publik Terhadap Pembelajaran Daring. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 74–80. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i1.2468

Vinodhini, G., & Chandrasekaran, R. M. (2012). Sentiment analysis and opinion mining: a survey. International Journal, 2(6), 282–292.

Yuliana, L. (2022). Analisis advokasi merek terhadap minat pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 6(2), 161–170. https://doi.org/10.24123/jbt.v6i2.5230




DOI: https://doi.org/10.52620/jseba.v2i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nehayatul Najwa, Dini Syafa’ati, Elsa Syakira, Ade Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Address:
Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Islam Mojokerto
Jl. Raya Tunggal Pager, Tunggal Pager, Pungging, Mojokerto 61384
Website: https://nuris.ac.id Email: admin@nuris.ac.id 



Creative Commons License

Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: