Analisis Sertifikasi Halal dan Harga terhadap Keputusan Membeli Produk pada Toko Kens Bakery Sawojajar Malang

Qurrota A'yun Pramitha Thoyibah, Pahrur Rosy

Abstract


Persaingan bisnis yang ketat menjadikan masyarakat dapat memilih produk yang murah dengan cara yang mudah. Akibatnya timbul persaingan dalam menawarkan produk yang  berkualitas dengan harga yang mampu bersaing di pasaran. Sertifikasi halal bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan terhadap konsumsen, serta meningkatkan daya saing produk dalam negeri guna meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli pada Toko Kens Bakery dan untuk mengetahui variabel manakah yang mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap Keputusan Membeli Produk pada Toko Ken’s Bakery. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Ken’s Bakery  yang berjumlah 53 orang. Berdasarkan hasil penelitian Uji Simultan / bersama-sama (uji F) membuktikan bahwa semua variabel independen (bebas) yaitu Sertifikasi Halal (X1) dan Harga (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (terikat) yaitu variabel Keputusan membeli produk (Y). Dimana diketahui nilai Fhitung 8,499 lebih dari Ftabel 3,16. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel independen (bebas) terdapat pengaruh terhadap keputusan membeli produk pada Toko   Ken’s Bakery. Secara statistik menggunakan Uji Parsial menunjukkan bahwa seluruh variabel independen (bebas) berpengaruh terhadap keputusan membeli produk pada Toko Ken’s Bakery. Maka bisa dilihat dari hasil uji parsial/individu (Uji T) variabel yang paling dominan adalah variabel harga dengan nilai Thitung 2,562 lebih dari Ttabel 2,002465.


Keywords


Sertifikasi Halal; Harga; Keputusan Membeli Produk

Full Text:

PDF

References


Abdul,J., Shaari, N., & Shahira, N. (2010). Dimension of Halal Purchase Intention : A Preliminary Study Shaari & Arifin. International Review of Business Research Papers, 6(4), 444–456. https://doi.org/10.7763/IJSSH.2015.V5.413

Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Basu Swasta dan Irawan. 2018. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty : Yogyakarta.

Departemen Agama Republik Indonesia, “Panduan Sertifikasi Halal”, (Jakarta: Departemen Agama RI, 2016), hlm. 2.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan terjamahnya (Jakarta: Magfira Pustaka, 2019, QS. An-Nisa ayat 29.) h.83.

Winardi, Manajemen Pemasaran, Cet: 1, Bandung: Penerbit Sinar Bandung, 1996.

Girindra , Prof. Dr. Hj. Aisjah, 2014.“Pengukir Sejarah Sertifikasi Halal” (Jakarta: LP POM MUI) hlm. 124-125

Kotler dan Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Perhallindo, 2018.

LPPOMMUI.“Sertifikat Halal MUI” dikutip dari http://www.halalmui.org/ diakses pada hari Ahad tanggal 14 Mei 2020 jam 15.12.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Label Dan Iklan Pangan Ibid, hlm. 8

Rangkuti, Ramadhan. 2010. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan (snack merek Chitato) Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.

Sudaryono, Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi (Yogyakarta: Andi Offset, 2016), 207.




DOI: https://doi.org/10.52620/jseba.v2i1.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Qurrota A’yun Pramitha Thoyibah, Pahrur Rosy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:

Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: