Abstract


Pesantren memiliki tiga kegiatan penting yang dilaksanakan di pondok yaitu dakwah, pendidikan, dan sosial ekonomi. Mitra yaitu PP. An-Nidhomiyah memiliki unit usaha yang bergerak di bidang konveksi dan percetakan sejak dua tahun lalu, guna menunjang kemandirian lembaga dalam hak ekonomi, serta sebagai sarana santri dan alumni untuk meningkatkankaan kemampuan dan kompetensinya dalam berwirausaha. Namun Mitra memerlukan beberapa strategi yang harus direncanakan dan diimplementasikan untuk meningkatkan keunggulan bersaing unit usaha tersebut. Pada program ini, Tim menerapkan studi kelayakan bisnis dan menyusun strategi pengembangan sesuai hasil telaah dan analisis terhadap kinerja bisnis pada waktu sebelumnya. Beberapa langkah dalam program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim meliputi; 1) perencanaan dan pengembangan produk baru; 2) membayar segmentasi dan menargetkan pasar sebagai upaya memperluas pasar; 3) pelatihan dan pendampingan guna meningkatkan kebutuhan tenaga kerja terutama bagian produksi; 4) pemilihan dan penggantian sistem produksi yang tepat sesuai varian produk baru yang ditetapkan; 5) perumusan startegi pengembangan dan pengelolaan bisnis secara umum dan komperhensif; 6) evaluasi dan monitoring keberhasilan program.