Implementasi Metode BSB 3P (Pembelajaran Papan Pintar) Matematika pada Kreativitas Siswa SDN Bareng 1 Nganjuk

Author


Sulis Setiowati(1Mail),
(1) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 357KB]  Language: en
Available online: 2023-03-10  |  Published : 2023-03-10
Copyright (c) 2023 Sulis Setiowati
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 0 times PDF Downloaded: 0 times

Abstract


Bidang pendidikan merupakan komponen penting dalam membantu kelahiran generasi ekonomi bangkit suatu negara. Karena dengan adanya kualitas pendidikan yang maksimum  akan menunjang  aktualisasi  mencetak generasi bangsa yang berkualitas, sehingga dapat memberi impact pada ekonomi, sosial, budaya, dan bidang lainnya. Salah satu upaya aktualisasi peningkatan mutu pendidkan yaitu dengan melakukan kreativitas SDM melalui Media pembelajaran matematika dasar yang meliputi penjumlahan, pengurangan dan perkalian, pembagian untuk siswa SD/MI tingkat rendah, yang telah diterapkan pada siswa SDN Bareng 1 yaitu 3P BSB Matematika. Media ini merupakan media yang dikembangkan untuk membantu pengajar dalam  memberikan  bahan ajaran kepada siswa yang masih belum mengerti tentang belajar berhitung dengan suasana baru melalui inovasi dan kreativitas. Tahapan yang digunakan dalam pengembangan media ini yaitu analysis, desain, development, implementation. Pembuatan media pembelajaran papan pintar ini Hasil pengembangan berupa sebuah media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran  matematika   khususnya   materi   penjumlahan, pengurangan  danperkalian, pembagian untuk siswa ini diharapkan dapat efektif. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis papan pintar dengan inovasi bermain sambil belajar untuk siswa SDN Bareng 1  dengan referensi yang  memadai  pada  proses  pengembangan  kreativitas belajar matematika  pada  siswa.  Dengan adanya inovasi   menggunakan model 4 dimensi, yaitu: melakukan design (merancang produk dengan alat dan bahan hingga memproyeksikannya dalam bentuk papan pintar), dan disseminate (uji coba pada calon pengguna). Selain itu dalam bidang pendidikan, Desa Bareng  ini mempunyai potensi berupa adanya siswa / anak didik SD kelas rendah yang mempunyai bakat, minat, serta kreativitas yang cukup optimal yang dapat dikembangkan melalui media pembelajaran ini.


Keywords


Pendidikan; Media Pembelajaran; Papan pintar; Matematika

References


Ai Tusi Fatimah. (2018). KONEKSI MATEMATIS PADA KONSEP EKONOMI. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA) Vol. 2 No. 2, Hal, 108-116, Maret 2018.

Albi Anggito . (2018). Metodologi Penelitian media pembelajaran. Jawa barat : CV Jejak.

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran smart billboard Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11-20.

Asri Ode Samura. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. Jurnal Matemtika dan Pendelikon Matematia Vol. 4, No. , April 2015

Maria Fitriah . (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta : Deepublish.

Nila Kesumawati. (2018). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika . Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008 .

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang mempengarui. Jakarta. Rineka Cipta.

Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.