Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam konteks pembelajaran matematika yang membahas masalah: (1) Bagaimana Penerapan Literasi Digital Terhadap Pembelajaran pada Kelas VIII SMPN 1 Gunung Kaler  (2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Setelah Diterapkannya Literasi Digital dalam Pembelajaran Kelas VIII SMPN 1 Gunung Kaler? Jenis penelitian yang digunakan adalah Action Reaseach berbasis kelas dengan menggunakan Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 Semester I Tahun Pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,  dokumentasi dan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil siklus jumlah siswa yang lulus KKM 65 pada pembelajaran matematika adalah 15,38%, maka dilakukanlah siklus I dan mendapatkan hasil 38,46% meningkat 23%. Pada hasil siklus I dianggap tidak memuaskan dilakukan siklus ke II dengan jumlah kelulusan 84,61% meningkat 46,15% dari siklus I. Suasana pembelajaran menggunakan literasi digital membuat kondisi kelas menjadi lebih aktif dan efisien dalam kegiatan belajar. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran berbasis literasi digital  Reach Area dalam mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunung Kaler.


Keywords


Literasi Digital; Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Matematika; Model Reach Area