
Author
Fajar Widianto(1

(1) Universitas Syeikh Nawawi Banten, Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten, Indonesia

Article Analytic |
Available online: 2025-06-03 | Published : 2025-06-03
Copyright (c) 2025 Fajar Widianto
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 232 times
PDF Downloaded: 84 times
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam konteks pembelajaran matematika yang membahas masalah: (1) Bagaimana Penerapan Literasi Digital Terhadap Pembelajaran pada Kelas VIII SMPN 1 Gunung Kaler (2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Setelah Diterapkannya Literasi Digital dalam Pembelajaran Kelas VIII SMPN 1 Gunung Kaler? Jenis penelitian yang digunakan adalah Action Reaseach berbasis kelas dengan menggunakan Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 Semester I Tahun Pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil siklus jumlah siswa yang lulus KKM 65 pada pembelajaran matematika adalah 15,38%, maka dilakukanlah siklus I dan mendapatkan hasil 38,46% meningkat 23%. Pada hasil siklus I dianggap tidak memuaskan dilakukan siklus ke II dengan jumlah kelulusan 84,61% meningkat 46,15% dari siklus I. Suasana pembelajaran menggunakan literasi digital membuat kondisi kelas menjadi lebih aktif dan efisien dalam kegiatan belajar. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran berbasis literasi digital Reach Area dalam mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunung Kaler.
Keywords
References
Abdullah, S., & Wicaksono, J. W. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Digital pada Siswa Sdn 39 Kota Ternate. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–20.
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Djafar, A., & Rahmat, A. (2023). Model Pembelajaran Literasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Society 5.0. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 527-532.
Hermawansyah, & Giri Bima, S. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Informasi Di Era Society 5.0. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 13(1), 46–57. https://doi.org/10.47625/fitrah.v13i1.369
Latif, A. (2020). Tantangan Guru Dan Masalah Sosial Di Era Digital. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1294
Pudji, S., Desy, H., Desti, F. P., Cahyaningrum, C., & Keliat, N. R. (n.d.). Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru MGMP Biologi SMA Kabupaten Semarang.
Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2).
Qiptiyyah, M (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas Viii F Mts Negeri 5 Demak. Vol. 5 No. 1, https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1187
Rifanty, E., Ki Ageng Pamanahan, J., & Yogyakarta, K. (n.d.). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Peserta Didik Kelas Vb Sd Muhammadiyah Condongcatur. 20, 2614–0136. https://doi.org/10.26555/jpsd
Rizal, C., Kom, S., Ulya Anisatur Rosyidah, M., Tri Yusnanto, Mk., Muh Rijalul akbar, Mk., Luqman Hidayat, Mp., & Jan Setiawan, Mp. (n.d.). LITERASI DIGITAL. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176–180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.123
Sari, Y., & Prasetya, D. H. (2022). Literasi Media Digital Pada Remaja, Ditengah Pesatnya Perkembangan Media Sosial. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 8(1), 12–25.
Veronika Br Ginting, R., Arindani, D., Mega Wati Lubis, C., & Pramai Shella, A. (2021). Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Pasopati (Vol. 3. Issue 2). http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopasti
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
Refbacks
- There are currently no refbacks.