Author
Arfi Wahyu Nurkarim(1), Wilda Qonita(2), Ahmad Isroil(3),
(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Islam Mojokerto, Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Islam Mojokerto, Indonesia
(3) Universitas Billfath, Lamongan, Indonesia
Corresponding Author
Article Analytic |
Available online: 2024-01-08 | Published : 2024-01-08
Copyright (c) 2024 Arfi Wahyu Nurkarim, Wilda Qonita, Ahmad Isroil
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 0 times PDF Downloaded: 0 timesAbstract
Kecemasan belajar matematika siswa merupakan faktor yang sangat berpengaruh bagi siswa dalam meraih hasil yang terbaik. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kecemasan matematika tinggi mendapatkan nilai yang lebih rendah daripada siswa yang memiliki kecemasan matematika rendah. Penelitian yang menyajikan instrumen untuk mengukur skala kecemasan matematika harus terus diupdate sesuai dengan kondisi terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan instrumen Skala Kecemasan Matematika Siswa (SKMS), (2) Mendeskripsikan hasil dari pengembangan instrumen Skala Kecemasan Matematika Siswa (SKMS). Model penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan metode metode analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa MTs. 2 Nurul Islam, Pungging, Mojokerto. Penelitian ini menghasilkan 29 butir pertanyaan yang termuat dalam 4 indikator utama yakni gejala fisiologis, gejala psikologis, gejala perilaku, dan gejala kognitif. Hasil uji validitas menunjukkan tingkat validitas yang sangat baik, serta reliabilitas dengan kategori yang sangat tinggi (α = 0,925). Oleh karena itu, instrumen ini sangat baik digunakan untuk mengukur skala kecemasan matematika siswa.
Keywords
References
Gafoor, K. Abdul, and Kurukkan, A. (2015). "Why High School Students Feel Mathematics Difficult? An Exploration of Affective Beliefs." Online Submission.
Li, Yeping & Schoenfeld, A. H. (2019). Problematizing teaching and learning mathematics as “given” in STEM education. International Journal of STEM Education, 1 - 13
Swanson, D., & Williams, J. (2014). Making abstract mathematics concrete in and out of school. Educational Studies in Mathematics, 86, 193-209.
Dowker, A., Sarkar, A., & Looi, C. Y. (2016). Mathematics anxiety: What have we learned in 60 years?. Frontiers in psychology, 7, 508.
Zhang, J., Zhao, N., & Kong, Q. P. (2019). The relationship between math anxiety and math performance: A meta-analytic investigation. Frontiers in psychology, 10, 1613.
Ashcraft, M. H., & Krause, J. A. (2007). Working memory, math performance, and math anxiety. Psychonomic bulletin & review, 14, 243-248.
Richardson, F. C., & Suinn, R. M. (1972). The mathematics anxiety rating scale: psychometric data. Journal of counseling Psychology, 19(6), 551.
Plake, B. S., & Parker, C. S. (1982). The development and validation of a revised version of the Mathematics Anxiety Rating Scale. Educational and psychological measurement, 42(2), 551-557.
Derek, R. H., Mahadevan, R., Bare, R. L., & Hunt, M. K. (2003). The abbreviated math anxiety scale ( AMAS ): Construction, validity, and reliability. Assessment, 10(2), 178–182.
Putri, H. E., Wahyudy, M. A., Yuliyanto, A., & Nuraeni, F. (2020). Development of instruments to measure mathematical anxiety of elementary school students. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(6), 282-302.
Siregar, Sofyan. (2012). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Nurkarim, A. W., Rifki, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray dengan Pendekatan Problem Posing dan Media Pohon Matematika. Nuris Journal of Education and Islamic Studies 3(1): 2023 p. 6-16
Hinton, P. R., McMurray, I., and Brownlow, C. (2014). SPSS Explained. US: Routledge
Refbacks
- There are currently no refbacks.