Analisis Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerta terhadap Kinerja Pegawai pada SKPD-SKPD di Pemerintah Kabupaten Mojokerto

Siddiq Siddiq, Muhammad Ikhsan

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh motivasi dan kepuasan kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Sampel penelitian yaitu sejumlah 120 pegawai SKPD di Pemerintah Kab. Mojokerto sebagai responden dengan Teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda ditemukan bahwa motivasi (X1) berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada SKPD di Pemerintah Kab. Mojokerto sebesar 0,359 dan kepuasan kerja (X2) berpengaruh terhadap kinerja-kinerja pegawai pada SKPD di Pemerintah Kab. Mojokerto sebesar 0,437. Dari hasil uji F diperoleh nilai signifikansinya 0,000 jadi masih di bawah 0,05 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan secara simultan motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada SKPD di Pemerintah Kab. Mojokerto. Hasil pengujian R2 (0,512) ini menunjukkan bahwa motivasi dan kepuasan kerja mampu menjelaskan variabel kinerja pegawai sebesar 51,2%, sedangkan sisanya 48,8% disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini diharapkan peningkatan kinerja pegawai pada SKPD di Pemerintah Kab, Mojokerto dengan melakukan perubahan di semua aspek untuk dapat mencapai birokrasi yang memiliki SDM yang baik dan bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terutama terkait dengan motivasi dan kepuasan kerja pegawai. Mengingat saling keterkaitan diantara semua komponen untuk dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan sehingga akan terjadi Gool Concruence.

Keywords


Motivasi; Kepuasan Kerja; Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Allen, Natalie J dan Meyer, John P. (1990). The Measurement and antecedents of affective, continuance and normative commitment to the organization. Journal of Occupational Psychology, Vol. 63. pp 1 – 18.

Azeem, syed Mohammad. (2010). Job Satisfaction and Organizational Commitment among Employees in the Sultanate of Oman. Scientific Research, Vol. 1. pp 295 – 299.

Chiun Lo, May dan Ramayah, T. (2011). Mentoring and Job Satisfaction in Malaysian SMEs. Journal of Management Development, Vol. 30. Iss 4. pp 427 – 440.

Handoko, Hani. (2010). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Henry, Simamora. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Maryadi. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru SD di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. JMP, Vol. 1 Nomor 2, hlm. 177 – 188.

Naderi Anari, Nahid. (2012). Teachers : Emotional Intelligence, Job Satisfaction, andorganizational Commitment. Vol. 24, Iss 4. pp 256 – 269.

Nelson A, Silvia. (2012). Affective Commitment of Generational Cohorts of Brazilian Nurses. Journal of Manpower, Vol. 33, Iss 7. Pp 804 – 821.

Ridwan, Kuncoro Engkos Ahmad. (2010). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Cetakan Pertama. Bandung : Alfa Beta.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.

Suliyanto. (2006). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta : Penerbit CV. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.52620/jseba.v1i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siddiq, Muhammad Ikhsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: