Pergeseran Perilaku Konsumsi Masyarakat Muslim Kabupaten Ponorogo di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pergeseran perilaku konsumsi yang terjadi pada masyarakat muslim di Kabuaten Ponorogo selama masa pandemi Covid-19 ini ditandai dengan beralihnya konsumsi mereka dari yang semula fresh food bergeser menjadi produk frozen food. Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu kota dengan perkembangan frozen food yang cukup signifikan. Banyak konsumen muslim yang mengkonsumsi frozen food tanpa memperhatikan dengan jelas kandungan gizi dan kehalalannya, maka peneliti menilai penting hal ini untuk menjadikan kajian lebih mendalam. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perilaku konsumen muslim, motivasi yang menjadi penggerak, dan implikasinya terhadap pergeseran perilaku konsumsi di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi fenomenologi dan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini menghasilkan tiga norma dasar yang menjadi landasan dalam pergeseran perilaku konsumen musim, motivasi rasional yang menjadi penggeraknya serta manajemen kebutuhan yang baik dengan menerapkan sifat kanaah, adil dan ihsan agar menghasilkan kemaslahatan untuk kehidupan mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiwijaya, Saputra Dan Pipit A. Ningrum. “Bergesernya Pola Konsumsi Masyarakat Sebagai Dampak Dari Mewabahnya Virus Corona.” Jurnal Sosiologi, Kalimantan Tengah: Universitas Palangkaraya. Volume 3 Nomor 2 (2020): 46-54.
Ezizwita dan Tri Sukma. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi Di Era New Normal” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, Padang: Universitas Dharma Andalas. Volume 23 Nomor 1 (2021): 51-63.
Arafah, Muh. “Pola Transformasi Pelaku Ekonomi Di Era Transisi Pandemik Ke New Normal.” Al-Tsarwah, Bone: Institut Agama Islam Negeri Bone. Volume 3 Nomor 2 (2020): 164-182.
Sula, Atik Emilia dan Khy’sh Nusri Leapatra Chamalinda. “Analisis Bisnis dan Tren Konsumsi Masyarakat Kabupaten Bangkalan Terhadap Frozen food pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntabilitas, Blitar: Universitas Islam Balitar. Volume 14 Nomor 1 (2021): 52-68.
Abdul-Talib, Asmat-Nizam dan Ili-Salsabila Abdul-Razak. “Cultivating Export Market Oriented Behavior In Halal Marketing: Addressing The Issues And Challenges In Going Global.” Journal Of Islamic Marketing, Emerald Group Publishing Limited. Volume 4 Nomor 2 (2013): 187–197.
Maulidia, Rohmah. “Urgensi Regulasi Dan Edukasi Produk Halal Bagi Konsumen,” Justitia Islamica, Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Volume 10 Nomor 2 (2013): 359-190.
Tripalupi, Ramadhani Irma. “Konsumsi Dimasa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Ekonomi Mikro Islam.” Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah, Bandung: Universitas Islam Gunung Djati. Volume 3 Nomor 1 (2021): 28-48.
Oberg H., Bell A. Exploring Phenomenology For Researching Lived Experience In Technology Enhanced Learning. In Hodgson V. Jones C. De Laat M. Mc Connell. Ryberg, T. And Sloep P. (Eds) The Eight International Conference On Networked Learning Maastricht School Of Management. Maastricht. The Netherland. 2012.
Bogdan, Robert C. dan S.J. Taylor. Introduction To Qualitative Research Methods. New York: John Wiley, 1975.
Subadi, Tjipto. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2006.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Qardhawi, Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani, 1997.
Qardhawi, Yusuf. Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam, terj. Setiawan Budiutomo Lc. Jakarta: Rabbani Press, 2001.
Hidayah, Siti dan Haryani. “Implementasi Niat (Intention) dalam Kehidupan Kerja.” Jurnal Dharma Ekonomi, Semarang: Sekolah Tinggi Ekonomi Dharma Putra. Volume 19 Nomor 36 (2012): 1-8.
Yuswohady. Consumer Behavior In The Pandemic. Diakses Pada 12 Februari 2021. https://www.yuswohady.com/tag/consumer-behavior-in-the-pandemic/.
Yuswohady. The 4 Consumer Megashift. Diakses Pada 12 Februari 2021. https://www.yuswohady.com/2021/03/18/the-4-consumer-megashifts/,
Kompas.Com. Penjualan Frozen food Selama Pandemi, Diakses Pada 12 Februari 2021 Pukul 18:12 Wib. Https://Money.Kompas.Com/Read/2021/09/27/181912726/Selama-Pandemi-Penjualan-Frozen-Food-Meningkat-Di-E-Commerce?Page=All,
Alinea.Id. Frozen food Makin Diminati Kala Pandemi. Diakses Pada 1 Desember 2021 Pukul 23.21 Wib. Https://Www.Alinea.Id/Infografis/Frozen-Food-Makin-Diminati-Kala-Pandemi-B2cxn90co
DOI: https://doi.org/10.52620/jseba.v1i1.27
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yuniar Fathiyyatur Rosyida, Niki Laila Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.