Implementasi Strategi Pemasaran Rasulullah SAW pada Nuris Mart di Pondok Pesantren Nurul Islam Mojokerto

Mohamad Zahrudin Sahri, Muhammad Ibda’u Shulhi

Abstract


Nuris Mart sebagai unit usaha dari Pondok Pesantren Nurul Islam sudah semestinya taat dan patuh terhadap ketentuan syariat Islam. Kehidupan dan strategi pemasaran Rasulullah SAW dapat menjadi pedoman Nuris Mart dalam berbisnis. Penelitian ini mengupas bagaimana Nuris Mart menerapkan strategi pemasaran Rasulullah SAW dengan 4 (empat) bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan pengambilan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nuris Mart benar-benar menerapkan strategi pemasaran Rasulullah SAW, seperti penjualan produk yang halal dan toyyib, ketatnya larangan masuknya produk haram, tidak suci atau najis, serta merendahkan harkat dan martabat santri, harga jual produk yang terjangkau dengan uang saku santri, penyebaran tempat yang strategis agar tidak terjadi antrian panjang, promosi melalui desain tempat yang menarik dan nyaman, serta tidak mudah mengucap sumpah dalam promosi produk yang ditawarkan oleh Nuris Mart.


Keywords


Strategi Pemasaran Rasulullah SAW; Nuris Mart

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Junaidi. 2019. Ilmu Fiqih Pemasaran: Sisi Lain Nabi Muhammad SAW Sebagai Pemasar. Semarang: Elsa Press.

Arifin, M. Z., Suliyono, S., & Anshori, M. 2022. Pemasaran syariah dalam perspektif hadits dan aplikasinya pada perbankan syariah. Madani Syari'ah, 5(2), 83-97. https://doi.org/10.51476/madanisyari'ah.v5i2.382

Karjuni, A. 2020. Penerapan Pemasaran Syariah dalam meningkatkan Penjualan di PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon Tahun 2020. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 1-8.

Mahrus, M., & Rahmatullah, N. (2023). Strategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima di Pasar Wisma Loa Janan dalam Perspektif Ekonomi Islam. Borneo Islamic Finance and Economics Journal, 3(1), 77-92. https://doi.org/10.21093/bifej.v3i1.5807

Fatkhani, N. F. 2022. Rahasia Bisnis Rasulullah yang Selalu Untung. Semarang: Syalmahat.

Gunara, Thorik & Sudibyo, U. H. 2007. Marketing Muhammad: Strategi Andal dan Jitu Parktik Bisnis Nabi Muhammad SAW. Bandung: Madania Prima.

Kotler, Phillip & Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta PT. Indeks.

Lusananta, D.T., & Ridlwan, A.A. 2023. Penerapan Bauran Pemasaran Islam untuk Meningkatkan Omset Penjualan pada Bisnis Kafe Takanagari Sidoarjo. Dinamis: Journal of Islamic Management and Business, 6(1), 1-16. https://doi.org/10.24256/dinamis.v6i1.3426

Mubarok, N. 2017. Strategi pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan pada Butik Calista. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 3(1), 73-92. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ieconomics

Riyanto, Muhammad. 2009. Strategi Penetapan Harga Nabi SAW. Garba Rujukan Digital (GARUDA). Diakses pada 25 November 2023 dari https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/554931

Rivai, Veithzal, Sri, N. & Marwini. 2022. Meneladani Berbisnis Ala Rasulullah SAW. Surabaya: Indomedia Pustaka.

Sahroni, A. (2015). Implementasi Strategi Pemasaran Rasulullah Dalam Konteks Kontemporer (Analisis di Swalayan Pamella Yogyakarta dan La Tansa Gontor Ponorogo). Millah: Jurnal Studi Agama 15(1), 117-134. https://doi.org/10.20885/millah.vol15.iss1.art6

Salma, S. H. S. 2023. Larangan Bersumpah Palsu Dalam Jual Beli Perspektif Hadits Ahkam. AL-IBANAH, 8(1), 49-58. https://doi.org/10.54801/ibanah.v8i1.159

Sula, Muhammad Syakir & Kartajaya, Hermawan. 2006. Syariah Marketing. Bandung: Mizan.

Tjiptono, Fandy & Diana, Anatasya. 2020. Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Zurina, Z. & Amiruddin. 2008. Fiqih Ibadah. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.52620/jseba.v1i1.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohamad Zahrudin Sahri, Muhammad Ibda’u Shulhi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: