Membangun Karakter Anak WNI di Malaysia melalui Metode 3B dalam Program KKN Internasional
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggun, M. S. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Paud Berbasis Scientific Approach (Studi Kasus di Paud Indonesia Kota Pinabalu Sabah Malaysia. In Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39367
Asrima, A. T. N. (2021). Analisis Perkembangan Moral Anak Kelompok B di TK Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2 (1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/246
Fauzi, M. I. R. & M. N. F. (2024). Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas 3B MI Muhammadiyah 28 Surabaya. Jurnal J-JES, 3 (!), 53. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/jses.v3i1.22474
Fitriya, Aulina, I. I. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Tarbiyatussibyan Ploso karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10 (1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1408
Hidayat, M. N. & N. H. (2022). Mewujudkan Pemerataan Pendidikan: Studi Kasus Community Learning Center (CLC) di Perbatasan Indonesia-Malaysia. 2 (2), 143–145. https://doi.org/Mewujudkan Pemerataan Pendidikan: Studi Kasus Community Learning Center (CLC) di Perbatasan Indonesia-Malaysia
Fakultas Keislaman. (2024). Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura diminta Merancang Pendirian Sanggar Bimbingan (SB) Baru di Malaysia. https://fik.trunojoyo.ac.id/fakultas-keislaman-universitas-trunojoyo-madura-diminta-merancang-pendirian-sanggar-bimbingan-sb-baru-di-malaysia/
Kosim, M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. KARSA Journal of Social and Islamic Culture, 91 (1), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/karsa.v19i1.78
M. Farfan, Rahmad Hidatat, A. H. (2023). Pelaksanaan Program KKN Internasional di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur-Malaysia Cabang Sanggar Belajar Sungai Penchala. 3 (3), 176–177. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20158
Muawanah, S. watini. (2022). Implementasi Model Asyik dalam Meningkatkan Membaca di RA Al-Fikri Kota Batam. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08 (3), 1908–1909. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1905-1904.2022
Mubarok, Fakhri, titin K. (2024). Menafsir Arah Pendidikan Multikultural: Sebuah Pendekatan Teori Belajar Konstruktivistik dalam Perspektif Pendidikan di Indonesia. 7 (1), 43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v7i12024p37
Nadiroh, Nasikhotun, M. H. (2024). Strengthening Reading and Writing Literacy to Foster Creative Writing Skills at Madrasah Ibtidaiyah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 16 (2), 260. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v16i2.1577
Rachmat, Angga Nurdin, M. faizan A. (2024). Penanaman Nasionalisme kepada Anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5 (2), 354. https://doi.org/https://doi.org/10.26874/jakw.v5i2.425
Ramadhanti, Zulfa Nazifah, Kartini. (2024). Metode Belajar B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio, 10 (2), 382. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6875
Ratrisari, Mega, A. H. (2024). Perbedaan Mindfull Parenting di Malaysia dan Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4 (3), 868. https://doi.org/https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.4627
Saehu Andang, D. (2018). Model KKN Internasional untuk Mahasiswa Calon Guru di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam. Studi Eksploratoris di UMSU, UINSA, UMY dan UMP.
Setyowati Endah, A. P. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1 (2), 144. https://doi.org/https://doi.org/10.22202/rangkiang.2022.v4i1.5749
Shakti, T. W. (2024). Upaya Pengenalan Pancasila kepada Anak-anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia dalam Rangka Menanamkan Sikap Nasionalisme dan Rolerance. 2 (3), 892. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/504#google_vignette
Taqiyusinna. (2024). Mahasiswa KKN Internasional IAIN Kudus Laksanakan Program “Bergerak, Berdampak” di Malaysia. https://iainkudus.ac.id/berita-61643-mahasiswa-kkn-internasional-iain-kudus-laksanakan-program-bergerak-berdampak-di-malaysia.html
Uum Suminar, Mohammad Hisyam (2021). PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN MULTIKEKAKSARAAN BERBASIS POTENSI LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 165. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v1i1.102
Wiyatun, Imbal Isro, Evia Darmawanti, D. (2022). Peningkatam Aktivitas Belajar Melalui Latihan Berbicara pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education. 5 (3), 162–163. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10680
Zainuri, H. (2024). Blending Traditional and Modern Methods: a New Curriculum Framework for PAI. Jurnal Al-Mau’izhoh, 6 (1), 662. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9544
DOI: https://doi.org/10.52620/jpmk.v1i2.113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Umi Khozinatul Khoiriyah, Fitriyah, Rudi Hermawan, Galuh Widitya Qomaro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat dan Komunitas (ISSN 3031-8971) by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.