Membangun Karakter Anak WNI di Malaysia melalui Metode 3B dalam Program KKN Internasional

Umi Khozinatul Khoiriyah, Fitriyah Fitriyah, Rudi Hermawan, Galuh Widitya Qomaro

Abstract


Program KKN Internasional di Sanggar Belajar At-Tanzil Malaysia bertujuan mengembangkan karakter anak-anak Indonesia melalui metode 3B (Belajar sambil Bermain dan Bercerita). Program ini ditujukan untuk anak-anak Indonesia yang kesulitan masuk sekolah reguler dan menghadapi kendala dalam pengembangan karakter karena kurangnya akses pendidikan dan lingkungan sosial yang kurang ideal. Program ini menggunakan metode 3B yang memadukan kegiatan bermain edukatif dengan bercerita untuk menumbuhkan nilai-nilai moral, nasionalisme, sopan santun, kreativitas, dan kepercayaan diri. Tim KKN Internasional bekerja sama dengan KBRI dan lembaga-lembaga Indonesia lainnya di Malaysia untuk menjalankan program ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pencatatan kegiatan. Penerapan metode 3B menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan karakter anak-anak Indonesia di Malaysia. Terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek moral, nasionalisme, sopan santun, kreativitas, dan kepercayaan diri. Metode 3B terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan, serta mendorong partisipasi aktif orang tua.

Keywords


Karakter anak WNI; Metode 3B; KKN Internasional; Sanggar Belajar At-Tanzil

Full Text:

PDF

References


Anggun, M. S. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Paud Berbasis Scientific Approach (Studi Kasus di Paud Indonesia Kota Pinabalu Sabah Malaysia. In Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39367

Asrima, A. T. N. (2021). Analisis Perkembangan Moral Anak Kelompok B di TK Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2 (1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/246

Fauzi, M. I. R. & M. N. F. (2024). Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas 3B MI Muhammadiyah 28 Surabaya. Jurnal J-JES, 3 (!), 53. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/jses.v3i1.22474

Fitriya, Aulina, I. I. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Tarbiyatussibyan Ploso karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10 (1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1408

Hidayat, M. N. & N. H. (2022). Mewujudkan Pemerataan Pendidikan: Studi Kasus Community Learning Center (CLC) di Perbatasan Indonesia-Malaysia. 2 (2), 143–145. https://doi.org/Mewujudkan Pemerataan Pendidikan: Studi Kasus Community Learning Center (CLC) di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Fakultas Keislaman. (2024). Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura diminta Merancang Pendirian Sanggar Bimbingan (SB) Baru di Malaysia. https://fik.trunojoyo.ac.id/fakultas-keislaman-universitas-trunojoyo-madura-diminta-merancang-pendirian-sanggar-bimbingan-sb-baru-di-malaysia/

Kosim, M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. KARSA Journal of Social and Islamic Culture, 91 (1), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/karsa.v19i1.78

M. Farfan, Rahmad Hidatat, A. H. (2023). Pelaksanaan Program KKN Internasional di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur-Malaysia Cabang Sanggar Belajar Sungai Penchala. 3 (3), 176–177. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20158

Muawanah, S. watini. (2022). Implementasi Model Asyik dalam Meningkatkan Membaca di RA Al-Fikri Kota Batam. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08 (3), 1908–1909. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1905-1904.2022

Mubarok, Fakhri, titin K. (2024). Menafsir Arah Pendidikan Multikultural: Sebuah Pendekatan Teori Belajar Konstruktivistik dalam Perspektif Pendidikan di Indonesia. 7 (1), 43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v7i12024p37

Nadiroh, Nasikhotun, M. H. (2024). Strengthening Reading and Writing Literacy to Foster Creative Writing Skills at Madrasah Ibtidaiyah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 16 (2), 260. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v16i2.1577

Rachmat, Angga Nurdin, M. faizan A. (2024). Penanaman Nasionalisme kepada Anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5 (2), 354. https://doi.org/https://doi.org/10.26874/jakw.v5i2.425

Ramadhanti, Zulfa Nazifah, Kartini. (2024). Metode Belajar B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio, 10 (2), 382. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6875

Ratrisari, Mega, A. H. (2024). Perbedaan Mindfull Parenting di Malaysia dan Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4 (3), 868. https://doi.org/https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.4627

Saehu Andang, D. (2018). Model KKN Internasional untuk Mahasiswa Calon Guru di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam. Studi Eksploratoris di UMSU, UINSA, UMY dan UMP.

Setyowati Endah, A. P. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1 (2), 144. https://doi.org/https://doi.org/10.22202/rangkiang.2022.v4i1.5749

Shakti, T. W. (2024). Upaya Pengenalan Pancasila kepada Anak-anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia dalam Rangka Menanamkan Sikap Nasionalisme dan Rolerance. 2 (3), 892. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/504#google_vignette

Taqiyusinna. (2024). Mahasiswa KKN Internasional IAIN Kudus Laksanakan Program “Bergerak, Berdampak” di Malaysia. https://iainkudus.ac.id/berita-61643-mahasiswa-kkn-internasional-iain-kudus-laksanakan-program-bergerak-berdampak-di-malaysia.html

Uum Suminar, Mohammad Hisyam (2021). PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN MULTIKEKAKSARAAN BERBASIS POTENSI LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 165. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v1i1.102

Wiyatun, Imbal Isro, Evia Darmawanti, D. (2022). Peningkatam Aktivitas Belajar Melalui Latihan Berbicara pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education. 5 (3), 162–163. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10680

Zainuri, H. (2024). Blending Traditional and Modern Methods: a New Curriculum Framework for PAI. Jurnal Al-Mau’izhoh, 6 (1), 662. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9544




DOI: https://doi.org/10.52620/jpmk.v1i2.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Umi Khozinatul Khoiriyah, Fitriyah, Rudi Hermawan, Galuh Widitya Qomaro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pemberdayaan Masyarakat dan Komunitas (ISSN 3031-8971) by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by:


 Google ScholarCrossrefROADDimensions