Efektivitas Shariah Compliance dan Islamic Branding Terhadap Consumer Loyalty Produk Safi

Authors

  • Jamilatus Sa'adah Universitas Trunojoyo Madura
  • Firman Setiawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.52620/jomaa.v2i1.181

Keywords:

Shariah Compliance, Islamic Branding, Loyalitas Pelanggan, Kosmetik Halal, Safi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepatuhan Syariah dan merek Islam terhadap loyalitas pelanggan dalam konteks Safi, produk kosmetik halal yang semakin dikenal di pasar internasional.​​​​​​​​ Selain meningkatkan kekesadaran konsumen Muslim terhadap produk yang mematuhi prinsip syariah, kepatuhan terhadap hukum Islam merupakan salah satu aspek mendasar yang dapat memengaruhi keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan terhadap suatu produk tertentu. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersama dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari responden yang memiliki pengalaman dengan produk Safi.​​​ Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS- SEM ) digunakan untuk analisis data guna menguji hubungan antara variabel independen, seperti kepatuhan syariah dan branding Islam, dan variabel dependen, seperti loyalitas pelanggan .untuk analisis data dalam rangka menguji hubungan antara variabel independen seperti kepatuhan syariah dan branding Islam, dan variabel dependen seperti loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan terhadap prinsip syariah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan citra merek yang berlandaskan pada keyakinan Islam. Konsumen memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi terhadap produk yang menyediakan produk yang sesuai dengan syariah, yang akhirnya meningkatkan keinginan mereka terhadap produk tersebut. Selain itu, strategi branding Islam sangat penting untuk menumbuhkan persepsi positif terhadap produk, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan memperkuat ikatan emosional antara pelanggan dan pemasok. Industri kosmetik halal dapat memperoleh keuntungan dari strategi pemasaran yang lebih efektif dengan berfokus pada identitas Islam dan kepatuhan syariah sebagai faktor utama dalam membina loyalitas pelanggan.

References

Amala, S., Budimansyah, B., & Sanjaya, Vi. F. (2021). Pengaruh Penggunaan iklan dan citra merek terhadap minat beli konsumen pada produk kecantikan halal Safi dalam perspektif ekonomi Islam (studi pada toko TopShop kota Bandar Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 127–142. https://doi.org/10.24042/revenue.v2i2.9622

Anwar, Zakiah, & Wahab, A. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kosmetik Halal(Studi Pada Dynasty Cosmetik Dan Princees Cosmestik Banjarmasin). Concept and Communication Journal, 2(2), 301–316.

Ardiani Aniqoh, N. A. F., & Hanastiana, M. R. (2020). Halal Food Industry: Challenges and Opportunities in Europe. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5799

Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7

Ekonomika, J., Islam, B., & Isnaini, N. (2022). Konsep Pembentukan Islamic Branding Tinjauan Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(3), 127–144. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei

Fitriany, K. L. O. A. (2022). NMaR NMaR. 3(2017), 39–51.

Frida Yanti Sirait, Mulyana Fitri, & Chuzaimah Batubara. (2023). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Ulang Halal Kosmetik Safi. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), 450–464. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).13654

Iskandar Yahya Arulampalam Kunaraj P.Chelvanathan, A. A. A. B. (2023). Pengaruh Islamic Branding, Halal Awareness Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safi Di Karanganyar Skripsi. Journal of Engineering Research.

Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.212

Muhammad Nasrullah. (2015). Islamic Branding, Religiusutas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, 13(2), 79–87. https://doi.org/10.28918/jhi.v13i2.487

Purwita Sari, M., Aulia Rachman, L., Ronaldi, D., & F Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Enterpreneuer Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122–129.

Puspitasari, K. A., & Titik Desi Harsoyo. (2023). Pengaruh Label Halal, Electronic Word of Mouth Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. Manajemen Dewantara, 7(3), 126–140. https://doi.org/10.30738/md.v7i3.15590

Qoniah, R. (2022). Tantangan dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia di Pasar Global. Halal Research Journal, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.246

Ristauli Hutagaol, R. S., & Safrin, F. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal of Social Research, 1(7), 761–772. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.147

Ronaldo Klisman, U. I. Ri. (2021). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Safi (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau). Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau, 1–23.

Sabardin. (2023). the Influence of Sharia Compliance, Promotion and Reputation of Bank Syariah Indonesia on Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 33(2), 150–164. https://doi.org/10.20473/jeba.v33i22023.150-164

Safitri, N. A. (2023). Pengaruh Penerapan Islamic Branding, Bahan Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Herbal (Studi Kasus Konsumen Produk HNI HPAI di Kabupaten Banyumas). International Journal of Technology, 47(1), 100950.

Sari, K. P., Manggabarani, A., & Ishak, R. M. (2021). Analisis Minat Beli Halal Branding Skincare Safi. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(1), 207–236. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i1.19054

Suryowati, B., & Nurhasanah, N. (2020). Label Halal, Kesadaran Halal , Religiusitas Dan Minat Beli Produk Kosmetik Halal. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 9(01), 11–20. https://ejurnal.swadharma.ac.id/index.php/kompleksitas/article/view/17

Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai Mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 74. https://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3984

Downloads

Published

01-07-2025

How to Cite

Sa’adah, J., & Setiawan, F. (2025). Efektivitas Shariah Compliance dan Islamic Branding Terhadap Consumer Loyalty Produk Safi. Journal of Management, Accounting, and Administration, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.52620/jomaa.v2i1.181

Issue

Section

Articles