Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Risiko dan Religiusitas terhadap Keputusan Penggunaan Spaylater

(Studi pada Mahasiswa Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura)

Authors

  • Sri Indah Purwati Universitas Trunojoyo Madura
  • Firman Setiawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i3.114

Keywords:

Kemudahan, Manfaat, Religiusitas, Risiko, SPaylater

Abstract

Pertumbuhan kredit BNPL (Buy Now Pay Later) atau yang biasa disebut dengan paylater di Indonesia meningkat pesat, salah satunya adalah SPaylater. SPaylater adalah sistem pembayaran transaksi jual beli yang mana pembayaran dari pembelian produk tersebut dapat dibayarkan secara cicilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan, manfaat, risiko dan religiusitas teradap keputusan Mahasiswa Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura dengan penggunaan fitur SPaylater. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 134 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS yang mana terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, R2, Q2, f2, SRMR dan bootstrapping (uji hipotesis). Berdasarkan hasil analisis yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan SPaylater, dengan diperoleh nilai path coefficients 0,294 dan nilai P-Value 0,000 < 0,05 serta nilai T-statistics 4,499 > 1,96. (2) Manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan SPaylater, dengan diperoleh nilai path coefficients 0,387 dan nilai P-Value 0,000 < 0,05 serta nilai T-statistics 5,527 > 1,96. (3) Risiko berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan SPaylater, dengan diperoleh nilai path coefficients -0,150 dan nilai P-Value 0,133 > 0,05 serta nilai T-statistics 1,506 < 1,96. (4) Religiusitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan SPaylater, dengan diperoleh nilai nilai path coefficients -0,119 dan nilai P-Value 0,346 > 0,05 serta nilai T- statistics 0,944 < 1,96. (5) Kemudahan melalui manfaat secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan SPaylater, nilai path coefficients 0,226 dan nilai P-Value 0,000 < 0,05 serta nilai T-statistics 3,90 > 1,96.

References

Rujukan Buku:

Suryadi, Bambang dan Bahrul Hayat. Religiusitas Konsep, Pengukuran dan Implementasi di Indonesia. Jakarta Pusat: Bibliosmia Karya Indonesia, 2021.

Rujukan Jurnal:

Anggraini, T. M. A., Mardini, R. M., & Novianto, A. S. (2024). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjaman Online SpayLater (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 13(1), 1494–1502.

Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309–325. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495

Damanik, S., Hidayat, N., Sianturi, R., Harahap, P. N., Belcha, D., Damanik, N., Ekonomi, F., & Medan, U. N. (2024). Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater Pada. 7, 319–324. https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1414

Fany Fadhila, A., & Muslim Marpaung. (2020). Jurnal Bilal (Bisnis Ekonomi Halal). Pengaruh Relegiusitas, Pengaruh Produk, Dan Faktor Sosial Terhadap Penggunaan ShopeePay Later, 1(2), 20–30.

Hanggono, A. A., Handayani, S. R., & Susilo, H. (2015). Analisis Atas Praktek TAM Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan. Jurnal Administrasi Bisnis, 26(1), 1–9.

Holik, A., & Maulana, A. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Risiko terhadap Minat Menggunakan SPayLater. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1282. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i2.847

Kartika, K. (2023). Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan Dan Kepercayaan Dalam Penggunaan Aplikasi Shopeepay Later. Analisis, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2502

Ningsih, M. C., Woestho, C., & Kurniawan, D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Manfaat Paylater Dan Pendapatan Generasi Z Terhadap Minat Penggunaan Paylater Di Platfrom Shopee Pada Kecamatan Tambun Selatan. Jurnal Economina, 2(11), 3218–3231. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.967

Nufusiah, S. (2023). MENGGUNAKAN FITUR SHOPEE PAYLATER ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo ).

Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420–430. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/10130

Qomariyah, Tesa Jamilatul. Skripsi. Analisis Penerimaan Pengguna Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). (2022). 33(1), 1–12.

Sholehah, S. E., & Amaniyah, E. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Risiko Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dengan Penggunaan Fintech Peyment (Paylater) Pada Shopee Sebagai Variabel Intervening. Competence : Journal of Management Studies, 18(1), 79–94.

Thirah, A., Mallarangan, K., & Dermawan, R. (2024). Faktor Gaya Hidup Hedonis dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Generasi Z Menggunakan Spaylater di Surabaya. 5(10), 3959–3969.

Wulan Dary, R., & Pudjihardjo, M. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Religiusitas Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Spaylater. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(3), 252–263. https://doi.org/10.21776/ieff.2022.01.3.07

Downloads

Published

11-03-2025

How to Cite

Purwati, S. I., & Setiawan, F. (2025). Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Risiko dan Religiusitas terhadap Keputusan Penggunaan Spaylater: (Studi pada Mahasiswa Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura). Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(3), 181–189. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i3.114