Analisis Strategi Pemasaran Produk Bawang Merah pada Sektor UMKM di Kabupaten Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.52620/jomaa.v2i1.163Keywords:
Strategi pemasaran, UMKM, Bawang merah, Bauran pemasaran, Kabupaten NganjukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk bawang merah pada sektor UMKM di Kabupaten Nganjuk, yang dikenal sebagai salah satu sentra penghasil bawang merah terbesar di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka. Fokus utama kajian ini adalah penerapan bauran pemasaran (4P), meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Nganjuk berhasil mempertahankan eksistensi usahanya melalui berbagai inovasi pemasaran. Dari sisi produk, pelaku usaha memilih bahan baku berkualitas langsung dari petani dan menjaga konsistensi rasa. Dalam aspek harga, strategi penyesuaian dilakukan secara transparan tanpa menaikkan harga. Distribusi dilakukan secara fleksibel melalui jalur langsung dan reseller. Promosi memanfaatkan media sosial serta pendekatan langsung seperti pemberian tester kepada calon konsumen. Strategi-strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan daya saing, loyalitas pelanggan, dan memperluas pasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pemasaran produk UMKM dapat dicapai melalui strategi yang adaptif dan terfokus pada kualitas serta kedekatan dengan konsumen. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi pelaku UMKM lainnya dalam mengembangkan bisnis berbasis potensi lokal.
References
Emir Wibowo, M., Daryanto, A., & Amzul Rifin, dan. (2018). Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional ) Marketing Strategy of Ready to Eat Sausage Product (Case Study: PT Primafood International) (Vol. 13, Issue 1). https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.29-38
Eri Werdani, R., Imani Kurniawati, N., Bhimo Sukoco, J., Windriya, A., Iskandar, D., Pemasaran, M., Perkantoran, A., Perusahaan, A., Publik, K., & Universitas Diponegoro Jl ProfSoedharto, S. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media training of marketing homemade product through social media 1). 4(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655
Febrianto Setiawan, T., Suharjo, B., & Syamsun, D. M. (2018). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong) Food Online Marketing Strategy for MSME (Case Study in Cibinong District) (Vol. 13, Issue 2). https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126
Handayani, T., Eko Wahyu, R. S., Dewi Rosanti, A., Islam Kadiri, U., & Kediri, P. (2020). Pengolahan produk unggulan daerah bawang merah lokal di kecamatan sukomoro kabupaten nganjuk. 5(2), 111–118.
Kristiyanti Jurusan KPN STIMART, M., & Lisda Rahmasari, S. (2015). Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang. In JUNI (Vol. 13, Issue 2).
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Muhammad Rizky Awwalul Ramadhan. (2023). Marketing Mix Strategy Implementation for Beekeeping in Klanceng Bee Honey SMEs in Talang Village, Nganjuk Regency. 1(3), 196–202. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.612
Meilya, S. P., & Burhan, U. (2016). Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Umkm Makanan Dan Minuman Khas Gresik.
Nurdin, M., Dolorosa, E., & Oktoriana, S. (2023). Strategi Pemasaran Umkm Oleh-Oleh Makanan Khas Pontianak. Sepa: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 20(2), 233. https://doi.org/10.20961/sepa.v20i2.59538
Prihatini, W., Ratnanto, S., & Artikel, I. (2050). Simposium Manajemen dan Bisnis II Program Studi Manajemen-FEB UNP Kediri analisis strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk studi pada umkm rinings nganjuk (vol. 2).
Putri Trulline. (2021). Pemasaran_produk_UMKM_melalui_media_sosi. Jurnal Manajemen Komunikas, Volume 5, No. 2. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Rahayu, H. P., Alhada, M., & Habib, F. (2023). Strategi Pemasaran Novi Ulvia Mua Dalam Meningkatkan Omset Penjualan (Vol. 8, Issue 1).
Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853
Ratuanar, O., Heru, A., Hardiana, A., Studi Arsitektur, P., Teknik, F., & Sebelas Maret, U. (2017). Aplikasi Arsitektur Ekologis Pada Perancangan Balai Besar Pelatihan Pertanian Bawang Merah Di Nganjuk. https://doi.org/10.20961/arst.v15i2.15398
Sulaeman, A., & Rini Purnawati, dan. (2022). Online Marketing Strategies to Increase Consumer Interest in Buying MSME Food and Beverage products in the City of Bogor (Vol. 18, Issue 1). http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/
Tarmizi, A. (2018). Strategi Pemasaran Umkm : Literature Review. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 191–198. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i2.107
Wijaya, D., Wijaya, F. H., & Hamandia, M. R. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kacang Ting-Ting Dalam Menarik Minat Konsumen Di Kenten Jl. Tanjung Harapan Lr. Kenanga Kel. Bukit Sangkal Palembang. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(2), 411–415. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i2.685
Wildan Fawa, M. (2022). Optimasi Strategi Marketing Mix untuk Meningkatkan Omzet UMKM CV. Putra Tanjung Nganjuk. JPMD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa, 3(1), 2745–5947. https://doi.org/10.58401/jpmd.v3i1.615
Zainuddin, Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Umkm Sederhana (Studi Kasus Desa Konda Kec. Konda) 0leh: Muslimin. https://doi.org/10.54297/sjeb.Vol3.Iss2.338
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iit Fatika Intan Fitriya, Abdurrohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International