Analisis Segmentasi Pasar pada Kuliner Sobat Tombo Blangkem di Desa Sembungin Bancar Tuban

Authors

  • Kurnia Dwi Lestari Universitas Trunojoyo Madura
  • Abdurrohman Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i4.158

Keywords:

UMKM Kuliner, Segmentasi Pasar, Strategi Pemasaran Digital

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, terutama dalam sektor kuliner yang terus berkembang seiring meningkatnya permintaan konsumen terhadap makanan siap saji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi pasar dan preferensi konsumen terhadap strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh UMKM kuliner “Sobat Tombo Blangkem” yang beroperasi di Desa Sembungin, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Fokus penelitian mencakup identifikasi karakteristik segmen pasar, analisis perilaku konsumen, strategi promosi berbasis media sosial seperti WhatsApp Story, serta sistem pembayaran tunai di tempat (COD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ini berhasil menargetkan segmen pasar dengan rentang usia produktif secara efektif, serta mampu merespons permintaan musiman seperti bulan Ramadhan dengan strategi produksi dan promosi yang adaptif. Strategi pemasaran digital sederhana yang digunakan terbukti efektif dalam menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas konsumen. Inovasi produk seperti pengenalan menu mie ayam pasca-Ramadhan juga menjadi faktor penting dalam menjaga keberlangsungan usaha. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran digital berbasis lokal, serta menjadi referensi praktis bagi pelaku UMKM kuliner dalam memahami perilaku konsumen dan meningkatkan daya saing usaha. 

References

Aini, Laily Nur, Fuji Santoso, dan Elvin Nury Khirdany. “Pengembangan Umkm Kuliner di Era Digital: Peran Inovasi dan Jaringan Bisnis di Kota Sampang.” Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 02, No. 1 (2023): 179–189. https://doi.org/10.32806/ccy.v2i1.236

Alifiyah, Melania Noeri, Hendri Sucipto, dan Slamet Bambang. “Analisis Branding, Cita Rasa dan Segmentasi Pasar terhadap Peningkatan Penjualan pada Kedai Seblak Mega Easy Losari.” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8, No. 3 (2023): 1041–1052. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24927.

Ariza, Rizky Ananda, dan nuri Aslami. “Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Kota Medan.” VISA: Journal of Visions and Ideas 1, No. 2 (2021): 188–194. https://doi.org/47467/visa.v1i2.834.

Hariansyah, Novan. “Segmentasi Pasar dalam Komunikasi Pemasaran Islam.” Jurnal Al-Hikmah 19, No. 2 (1 Oktober 2021): 127–138. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v19i2.73.

Ishano, Chandra Cipta, Nunuk Adiarni, dan Mudatsir Najamuddin. “Segmentasi Pasar Konsumen Makanan di Jakarta, Indonesia dengan Pendekatan Food-Related Lifestyle.” Jurnal Agribisni 10, No. 1 (2016): 149–166.

Keller, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. 13 jilid 2. 13. Erlangga, 2009. https://www.inlis.singkawangkota.go.id/opac/detail-opac?id=8546.

Khairunnisa, Citra Melati. “Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper.” Jamin : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis 5, No. 1 (29 Agustus 2022): 98. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.109.

Kotler, p. Manajemen pemasaran. Sebelas. jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2005.

Nasution, Salman, dan Purnama Ramadani Silalahi. “Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Kuliner Berbasis Syariah Di Kota.” Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 7, No. 2 (2022): 510–19. http://dx.doi.org/10.30651/jms.v7i2.13785.

Nur, Indrayani, Muhtar Sapiri, dan Nurhidayanti Nurhidayanti. “Penerapan Model Konsep Digital Marketing dalam Meraup Segmentasi Pasar Melalui Smart Digital Content Marketing.” Journal of Economics and Business UBS 12, No. 2 (25 April 2023): 1279–1291. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i2.202.

Nurmala, Tri Sinari, Ema Lilianti, Emilda, Jusmany, Aryo Arifin, dan Nurkadina Novalia. “Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19.” jurnal pengabdian kepada masyarakat 3, No. 1 (Juli 2022): 65–74. https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.458

Putra, Made Irvan Mahendra, Sephy Lavianto, dan I Made Artana. “Implementasi Analisis Stp (Segmentation, Targeting, Positioning) Pada Usaha Kue Tradisional Djaje.” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom) 5, No. 1 (30 Juni 2022): 78. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v5i1.482.

Ramadian, Kelvin Janson, Dendy Putra Madya, dan Erika Dwi Agusta. “The Effectiveness of Marketing Strategies Through Social Media (Study on Ayam Koplo by Hangry Indonesia).” Greenomika 5, No. 2 (30 Desember 2023): 177–190. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2023.05.2.7.

Vajri Rahman, Ahmad. “Analisis Segmentasi Pasar Dalam Pembelian Produk Minarako Padang Untuk Menentukan Target Pasar.” Journal of Science Education and Management Business 2, No. 3 (30 September 2023): 17–23. https://doi.org/10.62357/joseamb.v2i3.215.

Wijaya, Serli, dan Gunawan Adi Chandra. “Analisa Segmentasi, Penentuan Target Dan Posisi Pasar Pada Restoran Steak Dan Grill di Surabaya.” Jurnal Manajemen Perhotelan 2, No. 2 (September 2006):76–85. http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php?DepartmentID=HOT.

Downloads

Published

20-05-2025

How to Cite

Lestari, K. D., & Abdurrohman, A. (2025). Analisis Segmentasi Pasar pada Kuliner Sobat Tombo Blangkem di Desa Sembungin Bancar Tuban. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(4), 258–266. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i4.158

Issue

Section

Articles