Kesehatan Mental Santri dalam Lingkungan Pendidikan Berasrama: Tinjauan Literatur

Siti Nurfitria

Abstract


Kesehatan mental santri dalam lingkungan pendidikan berasrama merupakan isu yang semakin mendapat perhatian, mengingat kompleksitas tekanan psikososial yang dihadapi remaja di pesantren. Kajian literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor risiko dan protektif kesehatan mental santri, serta mengulas model intervensi berbasis pesantren yang telah diterapkan. Metode kajian literatur sistematis-naratif digunakan dengan pemilihan 22 artikel penelitian terbaru (2013–2024) yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa tekanan adaptasi, tuntutan akademik-spiritual, dan keterbatasan dukungan emosional menjadi faktor risiko utama gangguan mental. Di sisi lain, nilai spiritualitas, dukungan sosial antar santri, serta pembinaan yang suportif berperan sebagai faktor protektif. Intervensi berbasis nilai Islam dan model peer counseling terbukti efektif dalam meningkatkan kesehatan mental santri. Kajian ini merekomendasikan integrasi program pembinaan kesehatan mental dalam kurikulum pesantren, pelatihan pembina, serta penguatan jejaring dukungan profesional untuk menciptakan lingkungan pesantren yang sehat secara psikologis dan spiritual

Keywords


kesehatan mental; santri; pesantren; psikologi kesehatan; spiritualitas Islam

Full Text:

PDF

References


Afrilia, D., & Siregar, M. F. Z. (2024). Pengaruh Homesickness Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Rantau. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 2(1), 176-188.

Ariadi, Purmansyah. (2019). Kesehatan Mental dalam Perspektif Islam. Syifa' MEDIKA: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 3. 118. https://doi.org/10.32502/sm.v3i2.1433

Azzahra, K. (2023). Konseling kelompok dengan murottal Al-Qur’an untuk menurunkan kecemasan akademik mahasiswa santri semester akhir (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta). UIN Raden Mas Said Surakarta Repository. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/7960/1/K.%20FULL%20TEKS_191221084.pdf

Az-Zahra, D. S. (2023). Pengaruh intensitas konseling terhadap kesehatan mental santri putri Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo (Skripsi tidak diterbitkan). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/26373/1/303190028_Dinna%20Salma%20Az-Zahra_BPI.pdf

Ayu, K. R., Sundari, R. I., & Rahmawati, A. N. (2024). Hubungan tingkat stres dengan kemampuan beradaptasi santri. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(3), 123–132. https://doi.org/10.37287/jppp.v6i3.2300

Bachtiar, M. A., Izzah, H. A., & Kasyfillah, M. H. (2023). Urgency of Islamic psychotherapy in decreasing physical and psychological stress. Jurnal Ilmu Dakwah, 43(1), 28–48. https://doi.org/10.21580/jid.v43.1.16125

Cahyani, Hendrik Nur. (2025). Pengaruh Kualitas Tidur Terhadap Kesehatan Mental Pada Mahasiswa Tahun Pertama Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/69946/2/18410055.pdf

Engel, G. L. (1977). The need for a new medical model: A challenge for biomedicine. Science, 196(4286), 129–136. https://doi.org/10.1126/science.847460

Juliandry, M. (2021). Implementasi sistem pendidikan boarding school dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Madinatul Ulum pada masa pandemi (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember). UIN KHAS Jember Digital Library. https://digilib.uinkhas.ac.id/23428/

Kamila, Z. (2017). Hubungan antara religiusitas dengan kecemasan pada santriwati penghafal Al-Qur’an (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Digilib UIN Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27784/

Kumaidi, M. (2021). Manajemen kurikulum boarding school di Pondok Pesantren Darul Ma'rifah Sampit (Tesis Magister, IAIN Palangka Raya). IAIN Palangka Raya Digital Library. https://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4089/(Digital Library IAIN Palangkaraya)

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. Springer.

Levine, M., Perkins, D. D., & Perkins, D. V. (2005). Principles of Community Psychology: Perspectives and Applications (3rd ed.). Oxford University Press

Nasution, R., Lubis, J. A., Putri, S. A., & Adella, W. A. (2024). Peran Ibadah Dalam Mengatasi Kecemasan Dan Depresi Dikalangan Gen-Z Beragama Islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14556-14561.

Nurfitria, Siti. (2024). Sistem Saraf Manusia dalam Tinjauan Biopsikologi. Deepublish.

Putri, MD; Munjaji, AS; Harisa, E & Nazib, FM. (2024). Kesehatan Mental dalam Perspektif Islam. Advance in Education Journal. 1(3), 225-237

Rahmi, M., Astuti, W., & Anastasya, Y. A. (2023). Gambaran Homesickness Pada Santri Baru Di Pesantren. INSIGHT: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2), 277-284.

Putra, M. A. I. A., Ambarwati, A. A. N., Hadianto, J. A., & Alfianto, A. G. (2025). Efektivitas edukasi berbasis manajemen stres terhadap kesehatan mental di pesantren. Jurnal Keperawatan Sisthana, 10(1), 7–16. https://jurnal.stikeskesdam4dip.ac.id/index.php/SISTHANA

Qurrotu ’Ainin, Humaira, C. H. A., Kholidah Aisah Humairo, I. N. A., & Hartini, N. (2023). Pembentukan support group melalui konselor sebaya untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental santri. Proceeding Series of Psychology, 1(1), 170–179. https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/psp/article/view/26

Rachmaningtyas, S. C., & Novitasari, R. (2024). Hubungan antara spiritualitas Islam dan kesejahteraan psikologis pada masa transisi remaja menuju dewasa. PSISULA: Prosiding Berkala Psikologi, 6, 419–426.

Sari, N. A. (2025). Dinamika stres santri baru di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Labunti. Mercusuar: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 45–58. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/MERCUSUAR/article/view/10921(ejournal.iainkendari.ac.id)

Snyder, H. (2019). Literature reviews as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Susilowati, W., & Salmid, A. (2019). Gambaran proses adaptasi dan tingkat kecemasan santri dan santriwati SMP kelas 7 di Pondok Pesantren Daarul Uluum Kota Bogor tahun 2019. Program Studi Keperawatan Bogor, Poltekkes Kemenkes Bandung. https://poltekkesbdg.info/reposito/files/original/14ecddeac64f01283a8e0d09bdafceb8.pdf

Syamila, F. A. (2024). Pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi santri perantau di Pondok Pesantren Al-Nahdlah Islamic Boarding School Depok (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). UIN Malang Institutional Repository. https://etheses.uin-malang.ac.id/71594/

Tika, T. (2020). Hubungan antara religiusitas dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa Universitas Islam Riau (Skripsi, Universitas Islam Riau). Repository Universitas Islam Riau. https://repository.uir.ac.id/11044/

Wirayanti, W., Erna, E., Cherawati, C., & Khaerani, S. (2024). Metode Pendidikan Tradisional Pesantren dalam Membina Akhlak Santri (Studi Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 424-437.

Wirayuda, F. (2024). Keteladanan pengasuh dalam pembentukan akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren Putri As Sa’adah Terboyo (Skripsi sarjana, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang). Universitas Islam Sultan Agung Institutional Repository.




DOI: https://doi.org/10.52620/jls.v2i2.220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Nurfitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Editorial Address:
Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Islam Mojokerto
Jl. Raya Tunggal Pager, Tunggal Pager, Pungging, Mojokerto 61384
Website: https://nuris.ac.id Email: admin@nuris.ac.id 

About the JournalJournal PoliciesAuthor Information


Indexed by:


Garuda JLS    Google Scholar    Crossref    ROAD    Dimensions


Creative Commons License

Journal of Linguistics and Social Studies by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

ISSN 3031-9439 (Online)