Tinjauan Efektivitas Program English Course dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Siswa: Sebuah Studi Kasus

Achmad Zain Nur, Anti Khoirotun Hisan, Hizratus Sania Maha, Mayastah Mayastah, Nurul Fajriyani

Abstract


Dalam rangka kegiatan pentingnya bahasa inggris di Desa, Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang digunakan sebagai bahasa komunikasi seluruh dunia yang dikenal sebagai bahasa internasional. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih siswa-siswi dalam menggunakan bahasa inggris,  untuk membangun kepercayaan diri berbicara bahasa inggris, dan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris. Selain itu, memberikan pemahaman dan motivasi terhadap peningkatan belajar bahasa inggris. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi dan praktik mengenai cara agar bisa belajar berbahasa inggris dengan cepat dan mudah agar lebih percaya diri.  Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan memberikan solusi dengan praktik secara langsung dalam melatih berbicara bahasa inggris dengan membuat grup antara siswa-siswi MA Darul Hasan. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat membantu siswa-siswi dalam meningkatkan potensi kemampuan bahasa inggris

Keywords


Kursus Bahasa Inggris; Pengabdian Masyarakat; Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF

References


Al-Jarf, R. (2012). Chapter Six Mobile Technology and Student Autonomy in Oral Skill Acquisition. Left to My Own Devices: Learner Autonomy and Mobile My Own Devices: Learner Autonomy and Mobile, 105.

Amin, M., Thohir, L., & Mahyuni. (2020). Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Para Mudabbirah di Pondok Pesantren. Jurnal Gema Ngabdi, 228-234.

Elgi Syafni, Yarmis Syukur, Indra Ibrahim. (2013). MASALAH BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA. Jurnal Ilmiah Konseling, 15-18.

Erman Amti dan Marjohan. (1991). Bimbingan dan Konseling.

Hakim, M.A.R.,. (n.d.). Experienced EFL teachers’ challenges and strategies in teaching speaking for introvert students. European Journal of Social Sciences, 48(4), pp.437-446.

Harmer, J., . (2007). The practice of English language teaching. Harlow: Pearson Longman.

Herman Nirwana, dkk. (2002). Belajar dan Pembelajaran.

M. Arif Rahman Hakim. (2019). Strategi Pengajaran Speaking Bagi Para Pembelajar Bahasa Inggris Berkarakteristik Introvert. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 49-57.

Munadzdzofah, O. (2016). Pentingnya Bahasa Inggris, China, dan Jepang sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat , 1-23.

Nana Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses belajar mengajar. sinar baru algesindo.

Sadirman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Syahril dan Riska Ahmad. (1986). Pengantar bimbingan dan konseling.




DOI: https://doi.org/10.52620/jls.v1i1.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Achmad Zain Nur, Anti Khoirotun Hisan, Hizratus Sania Maha, Mayastah Mayastah, Nurul Fajriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Linguistics and Social Studies by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.