Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI-KUL-2 SMK Negeri 8 Surabaya

Author


Yunita Putri Permatasari(1Mail),
(1) yunitaputripermatasari@gmail.com, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 367KB]  Language: en
Available online: 2024-06-25  |  Published : 2024-06-25
Copyright (c) 2024 Yunita Putri Permatasari
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 0 times PDF Downloaded: 0 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan pembelajaran daring dengan aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI-KUL-2 SMK Negeri 8 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang berada pada kategori rendah dengan persentase 35%, rata-rata hasil belajar sebesar 77%, dan persentase ketuntasan klasikal 55%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas XI-KUL-2. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar, tes, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan metode skala Likert. Hasil pada siklus 1 menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa menjadi 55% (kategori sedang), rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 83%, dan ketuntasan klasikal mencapai 73%. Pada siklus 2, motivasi belajar siswa kembali meningkat menjadi 75% (kategori tinggi), rata-rata hasil belajar naik menjadi 91%, dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dengan aplikasi Quizizz efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI-KUL-2 di SMK Negeri 8 Surabaya.

Keywords


motivasi belajar; hasil belajar; pembelajaran daring; quizizz

References


Sadriani, A., Ahmad, M. R. S., & Arifin, I. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Aniyatyussaidah, & Hartono, R. (2022). Mengenal Quizizz: Alat Asesmen Tes Berbasis Gamifikasi. Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 14–27. https://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/adzzikr/article/view/116

Guswanti, M., & Satria, R. (2021). Problematika Pembelajaran Dalam Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 4 Pariaman. An-Nuha, 1(2), 116–124. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.43

Hertina, D., M, N., Gaspersz, V., Nainggolan, E. T. A., Rosmiati, R., Sanulita, H., Suhirman, L., H, L. P., Prisusanti, R. D., Ahmad, A., & Ferdinan, F. (2024). Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital: Teori dan Penerapan (Vol. 1). Green Pustaka Indonesia.

Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 6(3), 16220–16233.

Janattaka, N., & Adella, P. C. C. (2021). Peran Platform Digital dalam Pembelajaran Daring. Almufi Jurnal Pendidikan, 1(3), 138–146. https://almufi.com/index.php/AJP/article/view/74

Jannah, F., Karnalim, O., Permadi, A., Fitria Murad, D., Rima Aditya, B., & Nurhas, I. (2022). PELATIHAN DESAIN KUIS HOTS INTERAKTIF DENGAN APLIKASI KAHOOT! DAN QUIZIZZ DI MASA PANDEMI: STUDI KASUS GURU SEKOLAH DASAR GUGUS PANGERAN ANTASARI KOTA BANJARBARU. Journal of Character Education Society), 5(1), 243–251. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.6026

Lutfiwati, S. (2020). MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK. Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.5642

Maulidiyah, F. N. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. JURNAL PENDIDIKAN, 29(2). https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Mustika Hati, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Melakukan Assesment Diagnostik Non Kognitif Siswa Kelas 12 IPS Lintas Minat di SMA YPHB Kota Bogor. Arus Jurnal Pendidikan, 1(3), 70–76. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i3.22

Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). PEMANFATAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN. Journal Transformation of Mandalika, 4(8), 323–329. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/2005

Qurohman, M. T., Wardana, A., & Romadhon, S. A. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN ALJABAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN WEBSITE MATHWAY PADA SISWA SMK ASTRINDO KOTA TEGAL. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(01), 316–322. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/224

Rahman, S. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” 1(1), 289–302.

Said, S. (2023). PERAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2). https://doi.org/10.33627/pk.62.1300

Salam, M. Y., Mudinilllah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2738–2746. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2467

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i1.2082

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Tiana, A., Sagita Krissandi, A. D., & Sarwi, M. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), 943–952. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.189

Wulandari, H., Turmudi, T., Purnama, A. L., Ginting, D. I., Robiatussa’diyah, D., Dewi, G. Y., Agustin, N. E., Hasan, N. A. F., & Lestari, S. D. (2021). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT untuk Menanggulangi Dampak Covid-19 dalam Bidang Pendidikan. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 145–153. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.956


Refbacks

  • There are currently no refbacks.