Penggunaan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk Meningkatkan Efektivitas Perawatan Platform Screen Door pada Stasiun Elevated MRT Jakarta

Author


Kuntoko Panji Sadewo(1), Dhina Setyo Oktaria(2), Teguh Arifianto(3Mail), Sunaryo Sunaryo(4),
(1) Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Indonesia
(2) Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Indonesia
(3) Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Indonesia
(4) Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 796KB]  Language: en
Available online: 2025-11-14  |  Published : 2025-11-14
Copyright (c) 2025 Teguh Arifianto
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 8 times PDF Downloaded: 2 times

Abstract


Peningkatan infrastruktur transportasi di Jakarta melalui hadirnya MRT (Mass Rapid Transit) memberikan solusi untuk mengatasi kemacetan. Dengan adanya platform screen door sebagai komponen penting yang berfungsi memisahkan peron dari jalur kereta yang dapat mendukung keamanan dan efisiensi operasional. Untuk menjamin keandalan, dilakukan analisis menggunakan metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) serta perhitungan reliability dan interval perawatan. Hasil penelitian menunjukkan dua komponen dengan nilai risk priority number tertinggi yaitu sensor infrared dan door control unit, masing-masing sebesar 64. Perhitungan reliability memperlihatkan linear guide rail memiliki nilai terendah sebesar 21,1%, sedangkan door control unit memiliki nilai tertinggi sebesar 37,7%. Pada analisis interval perawatan, electromagnetic lock memerlukan perawatan tercepat dengan interval 788,8 jam atau 32 hari, sementara door control unit memiliki interval terpanjang, yaitu 3.908,5 jam atau 162 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan failure mode and effect analysis mampu mengidentifikasi komponen serta menentukan prioritas perawatan yang tepat sehingga dapat mendukung peningkatan keandalan peralatan platform screen door dan menjaga kelancaran operasional MRT Jakarta.


Keywords


Mass Rapid Transit; platform screen door; peron; jalur kereta api; Failure Mode And Effect Analysis; perawatan

References


Alijoyo, A., Wijaya, B., & Jacob, I. (2020). Failure Mode Effect Analysis - Analisis Modus Kegagalan dan Dampak. Bandung: CRMS Indonesia.

Aprilia, R. N., Puspitasari, M. D., & Darmawan, A. (2024). Maintenance Strategy For Jakarta LRT Platform Screen Door Components Based on Failure Risk Using FMEA Method. Proceedings of the 2nd International Conference on Railway and Transportation 2023 (ICORT 2023), Madiun: 6 November 2023, 185-203. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-384-9_17.

Ariyani, O. & Sulistyarini, D. H. (2024). Evaluasi Perawatan Kursi Penumpang Kereta Dengan Pendekatan RAMS. Jurnal Rekayasa Sistem dan Manajemen Industri, 1(11), 1263-1274. https://jrsmi.ub.ac.id/index.php/jrsmi/article/view/131/.

Astuti, F. A. F., Sugiono, S., & Choiron, M. A. (2016). Analisis Interval Perawatan Komponen Kritis Unit Mesin Stitching untuk Meminimumkan Biaya Perawatan dan Meningkatkan Produktivitas. INFO-TEKNIK, 17(2), 253-262. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/infoteknik/article/view/2500.

Devi, M. K., Safitri, R., & Fanani, F. (2021). Peran Kebijakan dalam Peningkatan Performa Layanan BRT Transjakarta. SPECTA Journal of Technology, 5(3), 287-297. https://doi.org/10.35718/specta.v5i3.373.

Dwiatmoko, H., Waluyo, S., Widodo, W., & Perangin-angin, H. S. (2021). Pengujian Prasarana LRT Jabodebek. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Hanafie, H., Suprapto, F. N., & Nugraha, A. (2024). Efektivitas Program Mass Rapid Transit (MRT) dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas di Kota Jakarta. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 7(2), 191-197. https://doi.org/10.31334/transparansi.v7i2.3906.

Handayani, S., Afrianti, D. A., & Suryandari, M. (2021). Implementasi Kebijakan Angkutan Umum di DKI Jakarta. Jurnal Teknologi Transportasi Dan Logistik, 2(1), 19-28. https://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/30.

Haq, M. I. & Riandadari, D. (2019). Penentuan penjadwalan preventive maintenance pada komponen mesin callender di PT. Karet ngagel surabaya wira jatim. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (JPTM), 9(1), 8-16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/29914.

Haryanti, T., Kurniawan, I. A., & Prasetyo, E. (2024). Peran Transportasi Berbasis MRT dalam Mendukung Mobilitas Cerdas Kota Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 888-898. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/6384.

Islam, S. S., Lestari, T., Fitriani, A., & Wardani, D. A. (2020). Analisis Preventive Maintenance Pada Mesin Produksi dengan Metode Fuzzy FMEA. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 8(1), 13-20. https://doi.org/10.32487/jtt.v8i1.766.

Krisnadi, J. W., Soemadi, K., & Mustofa, F. H. (2014). Optimisasi waktu penggantian komponen pada lokomotif de cc 201 seri 99 menggunakan metoda age replacement di pt. Kereta api indonesia. Reka Integra Jurnal Teknik Industri, 1(4), 24-34. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/view/255.

MRT Jakarta. (2023, 26 Januari). MRT Jakarta Ditetapkan sebagai Objek Vital Transportasi Bidang Perkeretaapian. Diakses pada 20 Agustus 2025, https://jakartamrt.co.id/id/info-terkini/mrt-jakarta-ditetapkan-sebagai-objek-vital-transportasi-bidang-perkeretaapian.

Mu’allimah, M. & Mashpufah, R. N. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Mengatasi Permasalahan Transportasi di Perkotaan. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 3(4), 291-296. https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i4.334.

Muhazir, A., Sinaga, Z., & Setyadi, R. D. (2024). Perencanaan Perawatan Mesin Building Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Jurnal Optimalisasi, 10(1), 120-131. https://doi.org/10.35308/jopt.v10i01.9263.

Nurjanah, M. U., Astuti, S. W., & Nurhadi, M. (2024 ). Analisis Risiko Pekerjaan Erection Jembatan Kereta Api Menggunakan Metode Fuzzy FMEA. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 8(1), 163-170. https://doi.org/10.32832/komposit.v8i1.15165.

Nurokhman, N., Suryanto, S., Subagyo, S., & Madazzaman, W. Y. (2025). Dampak Transportasi Sistem Ligh Rail Transits Terhadap Kemacetan Lalu Lintas Dan Emisi Carbon Di Jakarta. Civil Engineering and Technology Journal, 7(1), 37-48. https://doi.org/10.47200/civetech.v7i1.2767.

Pambudi, A. S. & Hidayati, S. (2020). Analisis Perilaku Sosial Pengguna Moda Transportasi Perkotaan: Studi Kasus Mass Rapid Transit (MRT) DKI Jakarta. Bappenas Working Papers, 3(2), 143-156. https://doi.org/10.47266/bwp.v3i2.74.

Rachman, T., Watunglawar, D. N., Amperajaya, M. D., Adnan, S. R., & Sriwana, I. K. (2022). Penentuan Interval Waktu Penggantian dan Perbaikan Komponen Kritis Mesin Bubut Type SS-850 di PT. Hamdan Jaya Makmur Dengan Metode Age Replacement. Jurnal Metris, 23(1), 52-61. https://doi.org/10.25170/metris.v23i01.3547.

Rahmawati, R., Rahman, Y. N., Hidayati, A., Khozinunniam, K., & Atmaja, I. (2025). Studi Komparatif Headway Dan Metode Pembayaran pada MRT Jakarta Dan MRT Bangkok. Construction and Material Journal, 7(1), 1-12. https://doi.org/10.32722/cmj.v7i1.7290.

Rampengan, O. E., Arifianto, T., & Fathurrozi Winjaya. (2025). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Sebagai Sarana Pembelajaran Untuk Pengenalan Modul Platform Screen Door (PSD) Pada Stasiun Underground MRT Jakarta. Sistem Dan Teknik Transportasi Indonesia, 1(4). https://doi.org/10.47134/stti.v1i4.3429.

Rini, A. P., Shafira, D. A., Fakhirah, L. A., Putri, E. T., & Sadiawati, D. (2024). Optimalisasi Upaya Penyediaan Public Transport dalam Pembangunan Infrastruktur Guna Tercapainya Perekonomian Berkelanjutan. Proceedings Conference National Conference on Law Studies (NCOLS), Jakarta: 22 April 2024, 216-229. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/ncols/article/view/2966.

Setia, N. R., Nelwan, R. F., Marina, S., & Hidayat, M. (2019). SWOT Analysis in MRT Jakarta. Advances in Transportation and Logistics Research, Jakarta: 1-2 Agustus 2019, 504-515. https://proceedings.itltrisakti.ac.id/index.php/ATLR/article/view/204.

Sujatini, S., Sari, S. L., & Dewi, E. P. (2023). Peningkatan Kualitas Kawasan Terminal Lebak Bulus Dengan Penerapan Konsep TOD Berdasarkan Aspek Komunikasi Arsitektur. Jurnal Ikraith-Teknologi, 7(2), 50-57. https://doi.org/10.37817/ikraith-teknologi.v7i2.2331.

Sumantika, A., Prasetyo, B. A., & Sirait, G. (2024). Mitigasi Risiko pada Proses Produksi Tahu Menggunakan Pendekatan Metode Failure Mode and Effect AnalysisdanRisk Priority Number. Surya Teknika, 11(1), 40-45. https://doi.org/10.37859/jst.v11i1.7084.

Taufik, T. & Septyani, S. (2015). Penentuan Interval Waktu Perawatan Komponen Kritis Pada Mesin Turbin Di Pt Pln (Persero) Sektor Pembangkit Ombilin. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 14(2), 238-258. https://doi.org/10.25077/josi.v14.n2.p238-258.2015.

Ulum, R. B., Widarman, A., Mayumi, A. N., & Iskandar, H. (2024). Analisis implementasi teknis reliability, availability, maintainability and safety (rams) pada resor jalan rel berdasarkan sni iec 62278-2002 bidang perkeretaapian di stasiun purwakarta. Journal of Management and Industrial Engineering (JMIE), 3(2), 46-55. https://jurnal.sttnlampung.ac.id/index.php/jmie/article/view/140.

Yudha, M. R. Z. & Sari, V. P. (2023). Kerja Sama Japan International Cooperation Agency dan Indonesia Dalam Proyek Mass Rapid Transit Jakarta Fase II. Padjadjaran Journal of International Relations, 5(2), 178-197. https://doi.org/10.24198/padjir.v5i2.41862.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.