Edukasi Literasi Lingkungan sebagai Upaya Menumbuhkan Perilaku Peduli Lingkungan di SDN Begaganlimo Gondang Kabupaten Mojokerto

Ainun Najih, Muhammad Qoolili Zailani, Tofan Adityawan, Muhammad Ibda’u Shulhi, Sulistyowati Sulistyowati, Mohammad Naufal Fahmi, Setiawan Budi, Laksono Wibowo, Achmad Arly Hidayat, Taufiq Arsala

Abstract


SD Negeri Begaganlimo berada di Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Siswa menjadi bagian dari masyarakat yang disiapkan sebagai generasi penerus perjuangan dan sebagai agent of change perlu dibekali kemampuan literasi lingkungan. Literasi lingkungan diartikan kemampuan individu dalam memahami, menafsirkan serta sikap sadar untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga kelestariannya. Sikap tersebut diartikan juga sebagai sikap melek lingkungan, dimana tidak hanya memiliki pengetahuan terhadap lingkungan tetapi juga memiliki kepedulian dan mampu memberikan solusi terhadap isu-isu lingkungan. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya wujud nyata berupa edukasi literasi lingkungan yang diberikan kepada siswa SD dan diharapkan mampu menumbuhkan perilaku peduli lingkungan sebagai bentuk pembangunan lingkungan yang sehat dan hijau.

Keywords


literasi lingkungan; peduli lingkungan; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Abdoellah, O., S. 2016. Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia: di Persimpangan Jalan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ahyar, A., Yadi, N., Supriyanto, D., & Jenuri. 2025. Membangun Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Melalui Program SERALIKOCI: Studi Kasus di SD Negeri Cimahi Mandiri 3. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 183-189.

Barnosky, A. D., & Hadly, E., A. 2016. Tipping Point for Planet Earth: How Close are We to the 683 Edge? Thomas Dunne Books.

Dwijaya, R., A. & Rigianti, H., A. 2024. Peran Guru dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa di Sekolah Dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 509-522. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2524

Fitri, R., A. & Hadiyanto. 2022. Kepedulian Lingkungan Melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690-6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485

Ismail, M., J. 2021. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59-68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Kusumaningrum, D. 2018. Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57-64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255

Lopez-Alcarria, A., Poza-Vilches, M., F., Pozo-Llorente, M., T., & Gutierrez-Perez, J. 2021. Water, waste material, and energy as key dimensions of sustainable management of early childhood eco-schools: An environmental literacy model based on teachers ation-competencies (ELTAC). Water (Switzerland), 13(2). https://doi.org/10.3390/w13020145

Nugroho, A. 2018. Aksi Pendidikan Lingkungan Kaum Muda Yogyakarta dan Pemanfaatan Media Online. Journal of Urban Sociology, 1(2), 27-41. https://doi.org/10.30742/jus.v1i2.568

Oktarina, E., Wardhani, K., & Marwanti, E. 2020. Implementasi Environmental Literacy di SD Negeri Bakalan Bantul. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(2), 492-500. https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8648

Prayandana, S., P. 2020. Efektivitas Peran United Nation Framework Convention on Climate Change (UNFCC) Periode 2015-2017 Terhadap Pencapaian Sustainable Development Goals 7 Affordable and Clean Energy di Indonesia. Doctoral dissertation. Universitas Pertamina.

Saputri, R. A. S. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli lingkungan siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(8), 1424-1433.

Saribas, D., Teksoz, G., & Ertepinar, H. 2014. The Relationship between Environmental Literacy and Self-efficacy Beliefs toward Environmental Education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116(June 2015), 3664-3668. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.820

Suhaidi, M., F., Nisa, K., & Sobri, M. 2024. Analisis Nilai-Nilai Karakter dalam Kegiatan Sabtu Budaya di Sekolah. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 645-652.

Utami, F. 2019. Upaya Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Ekosistem. Doctoral dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia.

Vitriasari, L., & Wandani, R., W. 2024. Implementation of Environmental Care Character Education at SDN ABCD Bandung. In International Conference on Elementary Education, 6(1), 277-285.




DOI: https://doi.org/10.52620/jpmk.v2i2.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ainun Najih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Editorial Address:
Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Islam Mojokerto
Jl. Raya Tunggal Pager, Tunggal Pager, Pungging, Mojokerto 61384
Website: https://nuris.ac.id Email: admin@nuris.ac.id 

About the JournalJournal PoliciesAuthor Information


Indexed by:

Creative Commons License

Jurnal Pemberdayaan Masyarakat dan Komunitas by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

ISSN 3031-8971 (Online)