Pendampingan Penalaran Kuantitatif dan Matematis pada Seleksi SNBT Siswa Platinum Education Group
Abstract
Kegiatan ini mengkaji pengembangan penalaran kuantitatif dan matematis dalam persiapan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Sebagai sistem seleksi yang baru, SNBT memerlukan siswa untuk memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang baik. Kegiatan ini menyoroti berbagai kesulitan yang dihadapi siswa, seperti pemahaman konsep dasar, manajemen waktu, dan penyelesaian soal yang tidak rutin. Metode pembinaan yang efektif meliputi peningkatan pemahaman konsep-konsep dasar, pelatihan dalam penalaran logis, serta pemberian latihan soal yang menantang. Selain itu, pendekatan pembelajaran kolaboratif dan evaluasi berkelanjutan diterapkan untuk mengasah keterampilan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembinaan yang terstruktur dan berkelanjutan, dengan penekanan pada strategi penyelesaian soal serta motivasi, terbukti efektif dalam meningkatkan kesiapan siswa menghadapi SNBT.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aripin, U., Rosmiati, T., & Gunawan, G. (2024). Pembinaan UTBK-SNBT Kategori Penalaran Kuantitatif dan Penalaran Matematika di SMA Kartika XIX-2 Bandung. ABJIS: Al-Bahjah Journal of Islamic Community Service, 1(1), 32-38. https://doi.org/10.61553/abjis.v1i1.37
Disnawati,H., Deda, Y. N., Haning, F. O., & Pallo, M. (2022). PKM Bimbingan
Menyelesaikan Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam Mempersiapkan Siswa
Mengikuti UTBK- SBMPTN. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 1(3), 15–24
Gita, I. N., Suryawan, P., & Artawan, I.G.N.Y. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Bagi Siswa Dan Guru Sd Di Desa Sambangan. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 48. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11905
Hadi, Samsul. 2022. Profil Kemampuan Penalaran Matematika Dan Potensi Kognitif Siswa Ma Dalam Menyelesaikan Soal Tes Potensi Skolastik(TPS). NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan 3(2), 2723-4649. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i2.456
Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran
Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International
Journal of Elementary Education, 2(2), 93–102
Karina, et al. 2024. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik: Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science 4(5), 6334-6344: http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/15351/10616
Lomu, L. and Widodo, S.A., 2018. Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Musaddat, S., Wardana, L. A., & Zulkifli, L. 2021. Peningkatan Kesiapan Siswa Kelas XII Se-Kabupaten Lombok Tengah Masuk Perguruan Tinggi Negeri Melalui Pelatihan Sukses SBMPTN. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 1(1), 34-43. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i1.92
Nurhamidah, Siti. 2022. Problem Based Learning Kiat Jitu Melatih Berfikir Kritis Siswa. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Pratama, N. A., & Hermawan, C. 2016. Aplikasi Pembelajaran Tes Potensi Akademik Berbasis Android. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA),6(1),16: http://www.jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/11.
Widodo, A. (2020). Pembelajaran Kolaboratif dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(4), 54-69. https://doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5454
DOI: https://doi.org/10.52620/jpmk.v2i2.166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nisak Nirmala Rosy, Iffanna Fitrotul Aaidati, Irene Rosalina, Taufiq Arsala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
About the Journal | Journal Policies | Author | Information |
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat dan Komunitas by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 3031-8971 (Online)