Perancangan Media Pembelajaran Batik Podhek di Kampung Eduwisata Berbasis Multimedia

Bain Khusnul Khotimah, Muhammad Ali Syakur, Putri Lailatul Maghfiroh, Nur Hasanah

Abstract


Media merupakan sarana dalam penyampaian materi pembelajaran. Media yang tepat untuk kegiatan belajar mengajar membatik untuk siswa ataupun masyarakat pada umumnya yaitu dengan menggunakan media animasi. Tujuan pembuatan animasi adalah agar pengunjung mudah memahaminya. Selama ini kurangnya penyampaian materi oleh pembina batik membuat kegiatan membatik tidak maksimal. Hal ini disebabkan proses belajar membatik masih terpusat pada contoh langsung di lapangan dan berupa program magang. Sehingga bagi pengunjung mengalami kesulitan dalam belajar karena mereka sekedar mendengarkan hal-hal yang disampaikan oleh presenter dan terkendala waktu. Salah satu software yang diaplikasikan untuk pembuatan video animasi yaitu Articulate Storyline 3, yaitu dengan mengkombinasikan semua komponen teks, gambar, audio, animasi dan video tentang tata cara pembuatan batik Podhek. Metode yang digunakan adalah gabungan dari Coreldraw dan Corel Video Studio. Metode Coreldraw untuk mengedit gambar/foto, sedangkan Corel Video Studio untuk mengedit video dan audio dan semua data digabungkan ke dalam software Articulate Storyline 3. Data diolah manjadi kesatuan aplikasi dalam media pembelajaran berbasis multimedia. Kegiatan ini diharapkan dapat mempermudah proses belajar membatik agar lebih cepat dan jelas dalam memahami materi tersebut.

Keywords


Media Interaktif; Pembelajaran Batik; Batik Podhek; Software Articulate Storyline 3

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz (2016) berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Batik Tulis Berbasis Multimedia Interaktif.

Al-Bahra Bin Ladjamudin dalam bukunya yang berjudul Analisis & Desain Sistem Informasi (2005:39).

Bentley dan Whitten dalam bukunya yang berjudul System Analysis and Design For The Global Enterprise,(2009). hal 160.

Binanto, Iwan. Multimedia Digital-Dasar Teori Dan Pengembangannya. (Yogyakarta: Andi offset 2010). hal 2.

Kurniawan, Uke. Wawancara Sejarah Batik Banten. Griya Batik Banten.

M. Suyanto. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.(Yogyakarta: Andi, 2003), hal 20-21.

Syifaun Nasifah, Karya tulis ilmiah Pengertian Perancangan Aplikasi (2003 :2)

Wendha widyo saksono (2010) berjudul “Peranan Go Tik Swan Hardjonagoro dalam mengembangkan Batik di Surakarta (1955-1964)”.

Yudoseputro (2000) menyatakan bahwa batik berarti gambar yang ditulis pada kain dengan mempergunakan malam sebagai media sekaligus penutup kain batik. Hal 98.

Amiiroh. 2020. Mahiir Memmbuat Media Interaktif Articuulate Storyline. Pustaka Ananda Srva : Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.52620/jpmk.v1i2.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bain Khusnul Khotimah, Muhammad Ali Syakur, Putri Lailatul Maghfiroh, Nur Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pemberdayaan Masyarakat dan Komunitas (ISSN 3031-8971) by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by:


 Google ScholarCrossrefROADDimensions