Strategi Manajemen Pengembangan Usaha Perlengkapan Bayi di Toko Latansa Collection
DOI:
https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i4.155Keywords:
Pengembangan usaha, manajemen, latansa collectionAbstract
Latansa Collection adalah toko yang baru dirintis dan menyediakan perlengkapan bayi yang cukup lengkap di kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi manajemen pengembangan usaha yang digunakan dalam usaha perlengkapan bayi ditoko Latansa Collection juga bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan bisnis bagi usaha yang baru saja dirintis. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data menggukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha yang dilakukan di toko Latansa collection yaitu dengan cara melakukan analisis secara mendalam terhadap peluang dan tantangan dari sebuah rencana sebelum membangun dan mengembangkan suatu usaha, dengan mengetahui peluang usaha yang ada disekitar memberikan kemudahan dalam merintis usaha baru, Latansa Collection menawarkan pelajaran berharga bagi pengusaha pemula tentang bagaimana menjadi sukses dengan memilih kekurangan di Pasar yang belum dieksplorasi, membangun hubungan langsung dengan distributor, dan menyediakan layanan yang ramah sesuai kebutuhan lokal. Memiliki strategi yang tepat, ketekunan, dan kepekaan terhadap peluang adalah faktor yang lebih penting daripada jumlah modal yang ada. Prinsip-prinsip ini dapat menjadi fondasi kuat bagi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Penerapan metode bauran pemasaran yang tepat juga menjadi salah satu strategi yang baik dalam pengembangan usaha, Implikasi dari artikel ini yaitu memaparkan tips beberapa strategi pengembangan bagi Masyarakat yang ingin membangun usaha baru
References
Badan Pusat Statistika. (2023). Angka Kelahiran Total / Total Fertility Rate (TFR) Hasil Long Form (LF) SP2020 Menurut Provinsi/Kabupaten/Kota, 2020 [Tabel]. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/MjIxMSMx/angka-kelahiran-total---total-fertility-rate--tfr--hasil-long-form--lf--sp2020-menurut-provinsi-kabupaten-kota--2020-.html
Badan Pusat Statistika. (2024). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa), 2022-2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html
DisDucapil Sumenep. (2025). Angka Kelahiran Umum II 2024. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep. https://disdukcapil.sumenepkab.go.id/file/angka-kelahiran-umum-ii-2024
Glendoh, S. H. (2021). Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1). https://doi.org/10.9744/jmk.3.1.pp.%201-13
Kadeni, & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalamMeningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM, 8(2). https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118
Misni Saifudin, Addiarrahman Addiarrahman, & Lidya Anggraeni. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Rumah Makan Purnama Raya H. Salsabila Lebak Bandung Jelutung. Maslahah : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah, 2(1), 212–228. https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i1.690
Nuriman, Abubakar, M. B., Aiyub, Hasan, K., & Suzanna, E. (n.d.). MEMAHAMI ANALISIS KUALITATIF; Memapar Teknik Memperlakukan Data Terorganisir, Terstruktur, dan Sistematis (1st ed.). Tandaseru.
Rialita, A. J. (2022). Manajemen Pengembangan Usaha Batik Tulis Dalam Peningktan Pendapatan Pasca PandemiI COVID-19 di Kota Metro. Jurnal Syariah dan Hukum Islam, 1(1).
Rifaldi Dwi Syahputra & Nuri Aslami. (2023). Prinsip-Prinsp Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), 51–61. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i3.1615
Rozikin, A. Z., & Nugrahaini, D. S. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM KIijen Star Reog Ponorogo. JOIPAD: Journal of Islamic Philantrhropy and Disaster, 3(1), 18–37. https://doi.org/10.21154/joipad.v3il.6133
Saragih, R. (2019). Menelusuri Penyebab Lambannya Perkembangan UMKM di Desa Baru dan Dusun Tuntungan Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serda. Jurnal Kewirausahaan, 5(1).
Suparwo, A., Suhendi, H., Rachman, R., Arifin, T., & Shobary, M. N. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Baju Bayi Indra Collection. 1(2), 208–214. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3734
Widhianto, C. W. (2002). E-Busines: Teknologi dan Peluan Bisnis di Indonesia. Journal The WINNERS, 3(1), 19–31. https://doi.org/10.21512/tw.v3i1.3830

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zaitullah, Abdurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International