Pengaruh Employer Branding terhadap Kepuasan Kerja Karyawan CV. Bintang Rejeki Sejahtera Makassar

Authors

  • Hendrick Samboan Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Ch. Jeane Tandirerung Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Amir Jaya Universitas Kristen Indonesia Paulus

DOI:

https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i4.119

Keywords:

employer branding, kepuasan kerja, citra perusahaan, loyalitas karyawan, MSDM

Abstract

Employer branding memainkan peran krusial dalam membangun citra perusahaan yang positif dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer branding terhadap kepuasan kerja karyawan di CV. Bintang Rejeki Sejahtera, Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linear berganda. Data dikumpulkan melalui survei kuesioner terhadap 30 karyawan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 64%. Artinya, employer branding berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan, sementara 36% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor utama employer branding yang berkontribusi adalah reputasi perusahaan, budaya organisasi, dan lingkungan kerja. Dengan demikian, perusahaan disarankan untuk memperkuat employer branding melalui komunikasi internal yang efektif, pemberian penghargaan kepada karyawan, serta pengembangan lingkungan kerja yang mendukung keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi. Penelitian ini menegaskan bahwa employer branding bukan hanya strategi rekrutmen, tetapi juga faktor penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan loyalitas karyawan.

References

Andriani, C. (2020). Pengaruh Kompensasi, Pelatihan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Hasil Penelitian FEB UM Bengkulu, 1(1), 1–82. https://doi.org/10.31219/osf.io/7r8bd

Anwar, M. A. (2020). Analisis Model Dua Faktor (Hygiene Factors Dan Motivator Factors) Dosen Tetap Pada Lldikti Wilayah Xi Kalimantan Di Banjarmasin. Manajemen : Jurnal Ekonomi USI, 2(2), 134–147. https://doi.org/10.36985/manajemen.v2i2.357

Aryani, I., Ismuni, M., & Rahayu, T. (2025). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT Alam Jaya Graha. YUME : Journal of Management, 8(1), 205–214.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Statistik Indonesia 2021. https://www.bps.go.id/id/publication/2021/02/26/938316574c78772f27e9b477/statistik-indonesia-2021.html

Bandhaso, M. L., & Paranoan, N. (2019). Pengaruh Kepuasaan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Ekonomi Di Perguruan Tinggi Swasta Di Makasar. Journal Akun Nabelo, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.22487/j26223090.2019.v1.i2.11885

Bandhaso, M. L., Tandiredung, J., Palungan, E., & Sasabone, L. (2023). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Cipta Sejati Revolution Makassar. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 1(1), 35–41. https://doi.org/10.63416/mrb.v1i1.157

Citta, A. B., Brasit, N., Nurdjanah, H., & Yusuf, R. M. (2020). Penerapan Employer Branding Dalam Suatu Perusahaan : Studi Beberapa Literature. Jurnal Mirai Managemnt, 5(1), 115-125. https://doi.org/10.37531/mirai.v5i1.604

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10 (Cetakan X). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halik, J. B., Lintang, J., & Patandean, E. H. B. (2024). The role of employee productivity through digitalization in increasing the performance of culinary SMEs. Brazilian Journal of Development, 10(2). https://doi.org/10.34117/bjdv10n2-047

Halik, J. B., & Nurlia, N. (2024). The Influence Of Lecturer Competence On The Quality Of Education In The Management Department Of Ukip Makassar. Jurnal GeoEkonomi, 15(01), 138–147. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.V15i1.326

Halik, J. B., Rantererung, C. L., Sutomo, D. A., Rasinan, D., Daud, M., & Todingbua, M. A. (2024). Era Disruptif (J. B. Halik (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=kKUDEQAAQBAJ

Haryono, S. (2017). Metode SEM untuk penelitian manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Luxima Metro Media, 450.

Hermanto, I. R., & Maulana, N. (2025). RANCANGAN STRATEGI EMPLOYER BRANDING PT XYZ. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Sistem Industri, 3(2). https://doi.org/10.56071/jtmsi.v3i2.934

Jeihan Nazwa.PP, & Irbayuni, S. (2024). Penerapan Employer Branding Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Padma, 04(02), 636–642.

Kristianto, N. A., & Handoyo, S. (2020). Pengaruh Employer Branding Terhadap Employee Retention Dengan Employee Engagement Sebagai Mediator Pada Generasi Milenial Di Industri E-Commerce. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 18, 1–19. https://jpsikologi.esaunggul.ac.id/index.php/JPSI/article/download/65/54

Lambe, K. H. P. (2024). Unlocking Gen-Z employee potential : the role of strategic leadership and organizational culture Desbloqueando o potencial dos funcionários da geração Z : o papel da liderança estratégica e da cultura organizacional Cómo liberar el potencial de los emplea. Brazilian Journal of Development, 10(11), 1–21. https://doi.org/10.34117/bjdv10n11-033

Nadya Najla Feranda, Herwan Abdul Muhyi, & Pratami Wulan Tresna. (2024). The Influence of Employer Branding on Intention to Apply at PT X in Tangerang Selatan: Study on @Rekrutmensks Instagram Account Followers. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(7), 5296–5305. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i7.2548

Prawinda, K. S., & Yulianti, P. (2022). Faktor-Faktor Yangmempengaruhi Kebangkitan Employee Engagement Di Perbankan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 494–512.

Rachman, A. N., Baharuddin, B., & Halik, J. B. (2024). Pengaruh Kompetensi Dan Kesesuaian Peran Terhadap Kinerja Awak Kapal MV.Mutawa.103 Di Abu Dhabi. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 3100–3108. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i1.6435

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS) (1st ed.). CV. Andi Offset.

Setyawan, A. S., & Ambarwati, M. D. (2024). Pengaruh Employee Branding terhadap Peran Karyawan dalam Membangun Loyalitas dan Reputasi Perusahaan. Media Hukum Indonesia, 2(4), 996–1000.

Susilana, R. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Syazida, S. D., Ardiani, W., & Suhyar, A. S. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Grand Mercure Medan Angkasa Hotel. 65–74. https://doi.org/10.47709/jebidi.v1i2.15

Wardhana, D. Y., & Andalas, P. R. (2023). Employer Branding Dan Turnover Intention: Pengaruhnya Pada Karyawan Bidang Pariwisata Di Yogyakarta. Modus, 35(2), 243–257. https://doi.org/10.24002/modus.v35i2.7676

Yusuf, T., Baptista Halik, J., & Nurlia, N. (2019). Analisis Kualitas Kehidupan Kerja (Quality Of Work Life) Terhadap Kinerja (Performance) pegawai RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(2), 199–218. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.96

Downloads

Published

20-05-2025

How to Cite

Samboan, H., Tandirerung, C. J., & Jaya, A. (2025). Pengaruh Employer Branding terhadap Kepuasan Kerja Karyawan CV. Bintang Rejeki Sejahtera Makassar. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(4), 225–235. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i4.119

Issue

Section

Articles