Application of Mind Mapping to Increase Student Creativity in Class IV Science Learning at SDN Pacentan 3

Authors

  • Camila Faradisa Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
  • Siti Auliyatil Karomah Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
  • Neni Novitasari Universitas Borneo Tarakan, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52620/jare.v2i3.70

Keywords:

Creative thinking, Mind mapping, Science

Abstract

This research is motivated by the low creative thinking ability of students in elementary science learning, the learning tends to be boring, and orientation on the ability of teachers who only teach knowledge, not on analytical, synthetic, and creative abilities. Based on this background, this study aims to improve students' creative thinking skills in elementary science learning. The type of research used in this research is Classroom Action Research with the Kemmis and Mc Taggart model which consists of several stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The data analysis technique is descriptive qualitative using the percentage technique. and the determined success criteria is the score exceeds > 75%. The results of this study indicate an increase in creative thinking skills from the pre-cycle results of 40% with the category increasing in the first cycle, namely 70% and the final result increasing by 100%.

References

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri Cet, pertama 2013).

Bobbi DePorter, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, (Bandung: Kaifa, Mizan Pustaka, 2008).

Elaine, B. Johnson, contextual teaching and learnig: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna, (Bandung: Kaifa, 2014).

Evie widya Surya Putri. (2013). Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat di Sekolah Dasar.

Fadhilaturrahmi. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil BelajarMahasiswa Semester I PGSD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 112-12.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pustaka Setia, 2011).

Hamzah, Model Pembelajaran menciptakan proses belajar megajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hepi Diana, Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Kreatif Siswa Kelas XI SMAN 1 Natar Lampung Selatan, Skripsi S1 Jurusan: Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1440H/2019M.

Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran AKtif, (Yogyakarta: CTSD, 2010).

Iwan Sugiarto, Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berpikir Holistik Dan Kreatif , Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Joni Hendri dkk. (2015). Peningkatan Aktivitas Beljar Sioswa dalam Pembelajaran IPA dengan Metode Demonstrasi di Sekolah Dasar.

Jurnal Ilmiah Guru. (2012). Penerapan Pendekatan Kontekstual, Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

M. Agung Fourwanto. Pengembangan Media Teka Teki Silang Biologi Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Agustus 2017.

Masnur Muslich, Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Miswandi Tendrita dkk, Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Remap Think Pair Share, Jurnal Proceeding Biology Education Conference (Vol 13, No. 1, 2016)

Momon Sudarman. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kreatif. (Jakarta: PT RajagrafIndo Persada, 2013),

Niswatul Khaira, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid Di Man Darussalam Aceh Besar, Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 2017m/ 1438h.

Nur Astriany. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Map siswa kelas IV Sekolah Dasar Bekasi Utara

Rahmad Aziz, Psikologi Pendidikan, (Malang: Uin Maliki Press, 2014).

Silbermen, Aktif leraning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Nusamedia, 2009).

Sri Widianti. (2014). Keefektifan Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS.

Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011).

Tony Buzan, Buku Pintar Mind Maping, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005).

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, ( Jakarta,:bumi aksara, 2012)

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU 2003 No 20 Sistem Pendidikan Nasional.pdf), diakses 16 April 2022

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU 2003 No 20 Sistem Pendidikan Nasional.pdf), diakses 26 April 2022.

132-153

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Faradisa, C., Karomah, S. A., & Novitasari , N. (2024). Application of Mind Mapping to Increase Student Creativity in Class IV Science Learning at SDN Pacentan 3. Journal of Action Research in Education, 2(3), 132–153. https://doi.org/10.52620/jare.v2i3.70