EFEKTIVITAS PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KELEYAN 2

Authors

  • Ihda Amalia Universitas Trunojoyo Madura
  • Reza Universitas Trunojoyo Madura
  • Anti Habibatur Rohmah Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.52620/jare.v1i1.15

Abstract

Artikel ini merupakan deskripsi dari hasil penelitian terkait Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Scrapbook Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi IPS di SDN Keleyan 2. Secara khusus masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media pembelajaran scrapbook dalam meningkatkan minat belajar siswa SDN Keleyan 2 pada salah satu materi yaitu rumah adat nusantara. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media Scrapbook terhadap minat belajar siswa kelas IV pada materi IPS di SDN Keleyan 2. Penelitian ini dilakukan di SDN Keleyan 2 dengan sumber data kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan penggunaan media pembelajaran scrapbook dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Amalia, I., Reza Alfian Firdaus, & Anti Habibatur Rohmah. (2023). EFEKTIVITAS PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KELEYAN 2. Journal of Action Research in Education, 1(1), 7–17. https://doi.org/10.52620/jare.v1i1.15