EFEKTIVITAS PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KELEYAN 2
DOI:
https://doi.org/10.52620/jare.v1i1.15Abstract
Artikel ini merupakan deskripsi dari hasil penelitian terkait Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Scrapbook Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi IPS di SDN Keleyan 2. Secara khusus masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media pembelajaran scrapbook dalam meningkatkan minat belajar siswa SDN Keleyan 2 pada salah satu materi yaitu rumah adat nusantara. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media Scrapbook terhadap minat belajar siswa kelas IV pada materi IPS di SDN Keleyan 2. Penelitian ini dilakukan di SDN Keleyan 2 dengan sumber data kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan penggunaan media pembelajaran scrapbook dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV.