Representasi Trauma Perempuan dalam Novel “Rapuh” Karya Onlymeilanii

Afina Nur Imamah, Anas Ahmadi

Abstract


Menentukan perilaku karakter, khususnya karakter utama dalam novel “RAPUH” karya Onlymeilanii, merupakan tujuan dari penelitian psikologi sastra dalam karya sastra. pergulatan internal dan rasa trauma yang dimiliki orang dengan dirinya sendiri, yang sering dikenal sebagai masalah internal individu.  Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini.  Platform penulisan digital Wattpad adalah sumber data yang dikumpulkan oleh para peneliti.  Penelitian ini menggunakan teori keterikatan Bowlby dan juga teori Sigmund Freud.  Menurut temuan penelitian, pengalaman trauma yang dialami oleh protagonis berasal dari keluarganya sendiri dan juga berasal dari kekasihnya. Dalam teori Sigmund Freud ditemukan 9 kasus dan lebih mengarah pada kasus id.


Keywords


Trauma; psikologi sastra; tokoh utama; konflik batin

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Unesa University Press.

Ahmadi, A. (2023). Pengukuhan Guru Besar, 27 Juli 2023. 17–43.

Alawiyah, T. (2022). Konseling traumatik menangani trauma seorang siswa dalam pendidikan islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 4(Nomor 6), 11454–11463.

Ananda Tri Muhamad Utama. (2022). Konflik Batin Novel Bumi dan Lukanya Kary Ann. 9, 356–363.

Ananda, R. T., Murniviyanti, L., & Armariena, D. N. (2022). Analisis Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Dialog Rindu Karya Rifany Aprilia. Journal on Teacher Education, 4(1), 373–384. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5912

Ardiansyah, Sarinah, Susilawati, & Juanda. (2022). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Kependidikan, 7(1), 25–31. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/912/885

Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak. Jurnal Psikologi Mandala, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.36002/jpm.v6i1.1833

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Astuti, M. T., & Triayunda, L. (2023). Komunikasi Keluarga sebagai Sarana Keharmonisan Keluarga. Journal Of Social Science Research Volume, 3(2), 4609–4617.

Bahiyah, U., & Gumiandari, S. (2024). Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Melalui Aplikasi Plotagon Pada Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. In General and Specific Research (Vol. 4, Issue 2). https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/744/784

Fani Maulinasari, Ernawulan Syaodih, & Tina Hayati Dahlan. (2024). Dinamika Sibling Rivalry Pada Anak Kembar Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(2), 334–342. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.665

Faradila, N. A., Sutejo, S., & Suprayitno, E. (2023). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Mengapa Aku Cantik Karya Wahyu Sujani. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 88–96. https://doi.org/https://doi.org/10.60155/leksis.v3i2.355

Fatmawati, R. F., Rahmadian, R., Lestari, S. A., & Hasanah, U. (2022). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. In Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.34959

Gea Aprilyada, Muhammad Akbar Zidan, Nurlia, Risna Adypon Ainunisa, & Widi Winarti. (2023). Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 165–173.

Izzah, L., & Indrawati, E. S. (2022). Lelah Tapi Berkah: Interpretative Phenomenological Analysis Pengalaman Pengasuhan Pada Ibu Yang Memiliki Anak Kembar Beda Jenis Kelamin. Jurnal EMPATI, 11(4), 269–278. https://doi.org/10.14710/empati.0.36472

Kurrotuain, A., Raharjo, R. P., & Ahmadi, A. (2024). Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow Pada Tokoh Dalam Novel “Garis Waktu” Karya Fiersa Besari. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 1. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.12212

Lubis, H. P. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dalam Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(3), 185–189. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jceki.v1i3.145

Mahmud, B. (2019). Kekerasan verbal pada anak. Jurnal An Nisa’, 12(2), 689–694.

Parhana, F., & Hidayatullah, S. (2023). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Bumi dan Lukanya Karya Ann: Tinjauan Psikologi Sastra. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 160–172. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i2.1656

Permata Raharjo, R., Ahmadi, A., & Ikhwan, W. K. (2023). Pendidikan Karakter Tokoh Bethara Guru dalam Lakon Bethara Guru Krama Wayang Topeng Tengger. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 136–150. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.8592

Rahmawati, A., Nyoman Diarta, ) I, & Laksmi, A. A. R. (2022). Analisis Pendekatan Mimetik Dalam Novel Trilogi Pingkan Melipat Jarak Karya Sapardi Djoko Damono Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 13–23.

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Sigiro, J. S., Alexander, F., & Al-ghifari, M. A. (2022). Dampak Keluarga Broken Home pada Kondisi Mental Anak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 01(2), 766–775. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/2498

Solihah, I. F., & Ahmadi, A. (2022). Mekanisme Pertahanan Ego. Bapala, 9(2), 14–27.

Syahri, L. M., & Ifdil, I. (2019). Penggunaan Play Therapy dalam Mengurangi Rasa Trauma Anak yang Mengalami Kekerasan Seksual. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 48. https://doi.org/10.23916/08402011

Tambunan, S. (2021). Strategi Mengatasi Trauma Pada Korban Bullying Melalui Konseling Eksistensial. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 7(2), 204–234. https://doi.org/10.47435/mimbar.v7i1.783

Tjahyadi, I. (2020). Mengulik Kembali Pengertian Sastra Related papers. Academia, 107, 1–7. https://www.merriam-webster.com/

Ummah, M. S. (2019). Hubungan Pola Asuh Otoratif dan Intensitas Komunikasi Jarak Jauh Orang Tua-Anak Dengan Keterbukaan Diri Mahasiswa Perantau Terhadap Keluarga. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Wardianto, B. S., & Khomsiyatun, U. (2021). Analisis elemen penyebab konflik batin tokoh utama (perspektif psikoanalisis Freud) dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(2), 58–64. https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3918

Wicaksono, A. (2023). Pengkajian Prosa Fiksi.




DOI: https://doi.org/10.52620/jls.v2i2.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Afina Nur Imamah, Anas Ahmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Editorial Address:
Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Islam Mojokerto
Jl. Raya Tunggal Pager, Tunggal Pager, Pungging, Mojokerto 61384
Website: https://nuris.ac.id Email: admin@nuris.ac.id 

About the JournalJournal PoliciesAuthor Information


Indexed by:


Garuda JLS    Google Scholar    Crossref    ROAD    Dimensions


Creative Commons License

Journal of Linguistics and Social Studies by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

ISSN 3031-9439 (Online)