Dampak Media Visual terhadap Motivasi dan Pemahaman Bahasa Inggris Murid SDN Gili Barat

Hanifatul Wahda, Ma’rifatul Laili, Nurul Arifiyanti

Abstract


Peningkatan keterampilan Bahasa Inggris dilakukan karena tidak adanya mata pelajaran Bahasa Inggris yang merata di SDN Gili Barat. Mata pelajaran ini ada hanya di kelas 2 dan 4 yang dijadikan sebagai muatan lokal. Fokus kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan Bahasa Inggris murid SDN Gili Barat menggunakan metode media visual yang berisi 4 amplop berisikan gambar-gambar kata benda. Pengabdian ini bertujuan agar peserta didik mampu memahami dan mengetahui dasar Bahasa Inggris sebagai bekal sebelum diajarkan di tingkat pendidikan beri-kutnya serta sebagai bekal siswa/siswi dalam mengikuti perkembangan teknologi. Metode menggunakan media visual ini memberikan hasil naiknya grafik pertanyaan yang diajukan oleh peserta pengajar kepada siswa/siswi di SDN Gili Barat. Selain itu, hasil yang didapatkan yakni siswa/siswi menjadi lebih tertarik belajar menggunakan media tersebut.


Keywords


Bahasa Inggris; Keterampilan; Gili Barat

Full Text:

PDF

References


Aedi, N & Amaliyah, N. Manajemen Kurikulum Sekolah. Gosyen Publishing. Yogyakarta, 2016.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Rajawari Pers. Jakarta, 2017.

Dahniar, N., Akbar, A., Aswat, H., Nurmaya, A. L., Lamane, S. A., & Duli, A. Teaching English for young learners at primary school based on the environmental approach. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 2019, Vol. 343, No. 1, (p. 012127)

Maili, Sjafity. Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika) 2018, Vol. 6 No. 1, (p 23-28.)

Tamrin, A. F., & Ali, M. Y. Pkm Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Tk-It Fajar Kompleks Mannuruki Ber-dasarkan Gambar Dan Peningkatan Softskil Remaja Masjid Nurul Ilham Di Kabupaten Maros. Journal Of Techno Entrepreneur Acta 2019, Vol. 4 No. 1

Yusuf, Munir. Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, Palopo, 2018, pp. 8




DOI: https://doi.org/10.52620/jls.v1i1.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hanifatul Wahda, Ma’rifatul Laili, Nurul Arifiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Linguistics and Social Studies by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.