Efektivitas Program Bimbingan Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Desa Banraas

Mamluatur Rahmah, Agil Putri Ning, Faidal Faidal

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa bimbingan belajar Bahasa Inggris di pulau gili iyang desa Banraas. Tujuannya adalah untuk mengetahui cara yang tepat untuk menyediakan Bimbingan bahasa inggris untuk anak usia sekolah dasar di desa Banraas dan mengenalkan bahwa les bahasa inggris efektif untuk anak usia sekolah dasar. Kegiatan ini menggunakan 3 (tiga) metode, yaitu menyanyi, quiz, dan tanya jawab. Hasil bimbingan belajar ini adalah diketahui bahwa anak usia sekolah dasar (6-12 tahun) adalah lebih antusias dan mampu mengikuti serta memahami materi saat berkelompok mengajari mereka menggunakan metode permainan khususnya dengan menyanyikan lagu-lagu yang berhubungan dengan materi.Mereka menjadi lebih percaya diri untuk memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris di depan teman mereka. bimbingan belajar cukup efektif untuk membantu anak usia sekolah dasar Desa Banraas  untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bahasa Inggris mereka pelajaran, serta meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris.


Keywords


Bimbingan Belajar; Bahasa Inggris; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Jones, M. (2018) Bimbingan Belajar Bersama SDN 1 di Desa Nganjuk. Journal. Universitas Sebelas Maret.

Laili, N, A. (2022). Model-Model Pembelajaran Ekonomi Yang Dapat Meningkatkan Daya Pikir Kreatif. Journal. Universitas Negeri Jember.

Morgan, R. (2019). Mengapai Cita dengan Belajar dan Bermain Bersama Meningkatkan Kemampuan Berintraksi dengan Bahasa Inggris. Journal. Universitas Negri Malang.

Rahman, N. (2022). Pentingnya Pendidikan Untuk Anak Sekolah Dasar. Journal. Universitas Negri Semarang.

Supardi, K, D. (2019). Bimbingan Belajar. Journal. Universitas Negri Malang.

Suparyanto. (2019), Sekilas tentang Anak Usia Sekolah, Blogger. http://dr suparyanto.blogspot.co.id/2013/05/sekilastentang-anak-usia sekolah.html// (dibuka kembali pada 14 Januari 2023)

Syah, H. (2020). Terselengaranya Belajar Berintraksi dengan Cepat Mengunakan Aplikasi Duolingo. Journal. Universitas Negri Surabaya.

Walgito, S. (2021). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Nurul Iman Guna Menunjang Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa. Journal. Universitas Sebelas Maret.

http://www.perkuliahan.com/pengertian -bimbingan--belajar/ (dibuka kembali pada 14 Januari 2023)




DOI: https://doi.org/10.52620/jls.v1i1.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mamluatur Rahmah, Agil Putri Ning, Faidal Faidal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Linguistics and Social Studies by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.