Tinjauan terhadap Efektivitas Kegiatan Kelas Belajar sebagai Sarana Pelatihan Bahasa Asing: Studi Kasus di Desa Blumbungan
Abstract
Pelatihan kelas belajar mengajar bahasa asing ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui program kerja mahasiswa-mahasiswi yang berdomisili di Desa Blumbungan. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi program kerja ini. Alasan yang pertama adalah untuk mempermudah peluang mendapat pekerjaan yang baik. Adapun alasan yang kedua adalah mempermudah peluang diterimanya pendidikan di luar negeri. Alasan ketiga yaitu untuk mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi. Oleh karena itu belajar bahasa asing sangat diperlukan dalam mengikuti perkembangan zaman. Belajar bahasa asing disini adalah bahasa Inggris, Jepang, Arab. Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 23 Januari 2022 sampai 19 Januari 2023 mulai dari pukul 16.00 sampai pukul 17.00. Sasaran dari kegiatan adalah siswa SD atau MI. Ada beberapa tahap dalam kegiatan program kerja mengajar bahasa asing. Tim belajar membimbing para siswa dalam belajar bahasa Arab, Jepang, Inggris. Kana card adalah salah satu media belajar yang digunakan tim belajar dalam menjalankan kegiatan tersebut. Pendekatan yang dilakukan tim belajar adalah dengan survei SD atau MI, menonton video animasi, penggunaan Kana card. Respon dari orang tua wali adalah sangat puas dan senang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ghazali, H. A. (2000). Pemerolehan dan Pengajaran Bahasa Kedua. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Ilyosovna, N. A. (2020). The Importance of English Language. International Journal on Orange Technologies (IJOT), 2(1), 22-24. ISSN: 2615 – 8140
Lyons, J. (1981). Language and Linguistics: An Introduction. Cambridge: Cambridge University Press
Nawawi. (2010). Working in Japan as A Trainee: The Reality of Indonesian Trainees Under Japan’s Industrial Training and
Technical Internship Program. Jurnal Kependudukan Indonesia, 5(2), 29-52. DOI: 10.14203/jki.v5i2.103
Sabitovich, S. J. (2020). The Role of Modern Language in the Modern World. JournalNX – A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal, 6(11), 337-340. ISSN: 2581 – 4230
Slameto, S. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Visiaty, A., & Piantari, L. L. (2019). Program Inspirasi Belajar Bahasa Asing bagi Remaja dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(2), 43-49. DOI: 10.36722/jpm.v1i2.337
Widiyarto, S. (2015). Peranan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Guna Peningkatan Daya Saing SDM Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Journal of Applied Business and Economics, 2(2), 193-201. DOI: 10.30998/jabe.v2i2.1464
Wright, J. D. (2015). International Encyclopedia for Social and Behavioral Science (2nd Edition). Elsevier
Yamane, T. (2020). Kepopuleran dan Penerimaan Anime Jepang di Indonesia. Jurnal Ayumi, 7(1), 68-82. DOI: 10.25139/ayumi.v7i1.2808
DOI: https://doi.org/10.52620/jls.v1i1.13
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rima Rima, Aura Hilda Haryono, Muhammad Rifqi Rif’at, Apri Arisandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Linguistics and Social Studies by STAI Nurul Islam Mojokerto is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.